Kuliner

Roemah Koffie Ajak Cicipi Cita Rasa Buah Sitrus dan Kopi di ‘The Sensory Room’

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 17 November 2023
Roemah Koffie Ajak Cicipi Cita Rasa Buah Sitrus dan Kopi di ‘The Sensory Room’
Roemah Koffie menggelar The Sensory Room. (Foto: Side.id/Prassso)

DI meja panjang itu, terdapat 16 gelas berisikan air panas serta delapan buah sitrus yang sudah dipilih untuk event The Sensory Room dari Rumah Koffie. Tak sekadar menyereput kopi, para peserta yang hadir juga mendapatkan ilmu dan saling membagikan pengalaman mereka.

Rumah Koffie kembali menggelar The Sensory Room di Carstensz Residence, BSD City, Tangerang, Jumat (17/11). Sebanyak 30 peserta hadir untuk mencicipi perpaduan rasa antara beberapa jeruk dan kopi. Ada yang datang dari Tangerang, Bekasi, hingga Sukabumi.

Di The Sensory Room kali ini, Roemah Koffie mengajak para pencinta kopi mencicipi cita rasa kopi yang dicampur dengan rasa asam dari delapan buah sitrus. Buah sitrus yang digunakan yakni blood orange, jeruk nipis, jeruk lemon, jeruk mandarin aiyuan, jeruk sunkist, jeruk clementine, jeruk kimkit, dan jeruk santang.

Baca juga:

Tambah Ilmu Coffee Sensory bersama Roemah Koffie

Roemah Koffie Ajak Cicipi Cita Rasa Buah Sitrus dan Kopi di ‘The Sensory Room’
Mencicipi buah sitrus dan kopi. (Foto: Side.id/Prassso)

“Tujuan acara hari ini ialah supaya teman-teman bisa lebih peka untuk mengidentifikasi sitrus yang ada di dalam kopi. Di bulan lalu kita juga sudah mengidentifikasi beberapa senyawa acidity,” kata Coffee Roaster of Roemah Koffie Saron Nur Malik, kepada Merahputih.com.

Enam belas gelas yang sudah diisi air hangat kemudian dicampur dengan perasan setiap buah sitrus. Saat sesi cupping, Roemah Koffie menyediakan 24 sendok yang bisa digunakan untuk menyereput. Para peserta mulai berbaris untuk mencicipi secara bergantian. Bahkan, ada yang mencicipi ulang karena penasaran akan cita rasa yang didapatkan. Wajah tak sabar mereka tidak bisa disembunyikan lagi untuk mencicipi racikan. Terdapat pula air hangat dan tisu untuk membersihkan sendok yang telah digunakan.

“Di tahap pertama ini kita ingin mengidentifikasi dulu air buahnya langsung, biar tahu rasanya tuh seperti apa,” kata Saron.

Sesi cupping belum selesai. Setelah itu, tim Roemah Koffie mengeluarkan 16 gelas yang berisikan kopi dan campuran beberapa buah sitrus tadi. Para peserta kembali berbaris untuk mencicip kembali. Beberapa peserta yang selesai mencicipi berdiskusi mana kopi yang menurut mereka paling enak.

BACA JUGA:

Roemah Koffie Gelar Coffee Cupping Bersama Para Barista

Roemah Koffie Ajak Cicipi Cita Rasa Buah Sitrus dan Kopi di ‘The Sensory Room’
Para peserta antusias mengikuti sesi cupping. (Foto: Side.id/Prassso)

“Tahap ini tujuannya supaya bisa mendeskripsikan atau lebih peka kalau dicampur kopi seperti apa. Baru tahap terakhir kami memberikan kopi yang sudah di infus dengan buah,” lanjutnya.

Acara The Sensory Room juga semakin interaktif ketika para peserta saling menjelaskan perasaan mereka saat sesi cupping.

“Jadi harapannya, teman-teman bisa lebih peka intensitas yang tinggi, yang rendah, terus asam yang seperti lemon kalau dicampur ke kopi seperti apa, sih. Tapi tidak dijadikan patokan bahwa rasanya seperti itu, cuma biar ada persepsi identifikasi yang sama,” tutup Saron. (and)

BACA JUGA:

Menikmati Kafe Estetik Berarsitektur Kolonial di Gading Serpong

#Kuliner #Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan