Kesehatan

Ringankan Asma dengan Jahe

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 01 September 2022
Ringankan Asma dengan Jahe
Jahe dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan. (Pexels/Pixabay)

ASMA sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bagi penderitanya. Seperti memiliki banyak sekali pantangan dalam hidupnya. Bahkan, asma bisa kapan saja terjadi dan asma bisa terjadi pada semua golongan usia. Untuk mengendalikan asma, bisa dibantu dengan mengonsumsi ramuan atau obat tertentu, seperti jahe.

Dikutip dari Dr Health Benefit, jahe merupakan salah satu tanaman paling populer di industri pertanian. Akar dari tanaman jahe sering sekali digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan dan juga minuman. Tidak hanya itu, banyak obat tradisional yang mengandung jahe. Banyak penyakit yang bisa diobati dan dikendalikan oleh jahe, salah satunya yaitu asma.

Baca Juga:

Semakin Merah Kerokan, Semakin Parah Masuk Angin?

jahe
Jahe mudah untuk ditemukan, baik di pasar tradisional atau modern. (Pexels/joris neyt)


Kamu bisa mengolah jahe menjadi wedang jahe dengan cara merebus satu ruas jahe yang sudah digeprek dan tambahkan gula merah untuk mengurangi rasa pedas pada jahe. Kemudian, minum hasil rebusan jahe dengan gula merah tersebut. Lantas, apa saja ya manfaat Jahe bagi asma? Yuk kita simak.


Antioksidan


Dalam jahe, terdapat aktivitas antioksidan yang bisa membantu meredakan stres psikologi yang menjadi penyebab gejala asma. Selain itu, aktivitas antioksidan juga bisa membantu menghilangkan molekul radikal bebas dalam tubuh kamu.


Kontraksi otot


Jahe bisa membantu membuka saluran udara dengan membatasi kontraksi sel otot dalam sistem pernapasan, terutama di paru-paru. Oleh karena itu, proses tersebut akan mengembalikan sistem pernapasan kembali normal dan kamu bisa menarik napas dengan baik.


Sirkulasi darah


Kamu bisa membuat campuran jahe, madu, dan juga lemon. Dengan mengonsumsi campuran tersebut, dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan juga aktivitas kardiovaskular lainnya. Alhasil oksigen dalam darah kamu akan beredar dan menyebar ke seluruh bagian tubuh dengan baik, dan bisa membuat saluran udara yang sebelumnya tersebut menjadi terbuka.

Baca Juga:

Tubuh Lebih Kurus, Lebih Sehat?

jahe
Umumnya jahe direbus untuk diminum airnya. (Pexels/cup of couple)


Dahak


Bila kamu mencampurkan jahe dengan kenari akan membantu menghilangkan dahak dari paru-paru. Oleh karena itu, kamu akan pulih dari bronkitis kronis dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Dengan mengonsumsi campuran ini juga dapat mencegah semua jenis batuk. Hal ini dilakukan dengan membersihkan tenggorokan dan paru-paru dari lendir, serta melawan infeksi yang ada di saluran pernapasan kamu.


Peradangan


Sebelumnya, kamu perlu mencampurkan jahe dengan bubuk yang terbuat dari bubuk jahe, teh licorice, dan jus lemon. Langkah membuat teh licorice, pertama, masukan bubuk jahe dan teh licorice ke dalam panci. Kemudian, rebus selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Angkat campuran tersebut dan diamkan selama 3 menit. Tambahkan jus lemon ke dalam campuran tersebut. (yos)

Baca Juga:

De 'Quervain, Penyakit yang Mengintai Ibu Baru

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan