Rayakan 10 Tahun Uniqlo Indonesia di Lokasi Gerai Pertamanya

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Rabu, 17 Mei 2023
Rayakan 10 Tahun Uniqlo Indonesia di Lokasi Gerai Pertamanya
Iwan Fals dan Daniel Mananta saling bebagi cerita pengalamannya bersama Uniqlo. (Foto: MP/Ronggo)

INDRA Herlambang tak pernah lupa momen pembukaan gerai perdana Uniqlo di Indonesia. Meski kejadiannya terpaut sepuluh tahun silam, atau tepatnya 22 Juni 2013, pewara kelahiran 16 Maret 1976 tersebut masih ingat betul ingar-bingar masyarakat menyambut kehadiran perusahaan ritel global asal Jepang di Jakarta.

"Banyak orang datang. Antreannya sampai panjang banget di sini (Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan)," kata Indra mengenang antusiasme masyarakat di hari pembukaan Uniqlo di Tanah Air.

Baca juga:

UNIQLO Sambut Februari dengan Spring/Summer Collection

Sejak kali pertama dibuka hingga Indra Herlambang kini, Rabu (17/5), memandu peringatan sepuluh tahun kehadiran Uniqlo di Indonesia, lokasi gerai kali pertama tersebut masih berada di Ground Floor menempati area dua lantai seluas seluas 2.680 meter persegi.

Uniqlo
Marketing Manager Uniqlo Indonesia Lisqia Lalantika menjelaskan perjalanan 10 tahun Uniqlo di Indonesia. (Foto: MP/Ronggo)

Kala itu, tata letak gerainya secara umum terbagi dua. Di sisi kiri terdapat koleksi khusus untuk pria sementara di sisi kanan memajang busana perempuan. Di antara kedua sis tersebut, terpancang lima manekin mengenakan pakaian dengan palet warna cerah. Di belakangnya, terpampang tulisan besar di dinding "From Tokyo to Jakarta" menandakan kota asal Uniqlo dan lokasi gerai perdananya di Indonesia.

Pada perayaan sepuluh tahun Uniqlo di Tanah Air, jejak tulisan tersebut masih lestari meski bukan lagi di dinding melainkan pada tas jinjing koleksi khusus dengan desain menaja 25 kota tempat gerai jenama dengan nama awal Unique Clothing Warehouse tersebut di Indonesia.

Baca juga:

Sambut Tahun Kelinci Air, UNIQLO Hadirkan Koleksi Spesial Imlek

"Ya, desain totebag spesial perayaan sepuluh tahun Uniqlo di Indonesia itu mengingatkan kalau kami pernah pakai desain itu di gerai pertama saat pembukaan. Terus sekarang didesain-ulang untuk di tas ditambahkan kota-kota tempat Uniqlo udah tersedia sekarang," kata Marketing Manager Uniqlo Indonesia Lisqia Lalantika seusai konferensi pers UNIQLO 10th Anniversary: Here’s To Many More, kepada Merahputih.com di Galeri 2 Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Uniqlo
Ringgo sering melempar kelakar saat bercerita tentang pengalamannya. (Foto: MP/Ronggo)

Meski terkesan sederhana, justru desain di tas jinjing tersebut merekam pertumbuhan Uniqlo di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir. Tercatat kini terdapat 62 gerai Uniqlo tersebar di 25 kota di Indonesia. Bahkan di bulan Mei ini Uniqlo akan membuka dua gerai lagi di Tangerang.

Di tengah ekspansi meninggi, gerai Uniqlo pertama di Indonesia masih beroperasi bahkan mampu menjawab kebutuhan konsumen di tengah gempuran kemunculan jenama fesyen ternama lainnya. "Jadi permintaan masih terus ada. Kami juga akan tetap mempertahankan gerai ikonik Uniqlo ini," tegas Lisqia.

Uniqlo
Pasangan Ringgo dan Sabai menceritakan pengalamannya bersama Uniqlo. (Foto: MP/Ronggo)

Kenangan sepuluh tahun Uniqlo di Indonesia bukan saja terpancang di gerai Lotte Shoping Avenue, melainkan pula pada tiap kegiatan para penggunanya. Aktor Ringgo Agus Rahman mengaku Uniqlo sudah menjadi bagian dari tumbuh kembang keluarganya. Baginya, Uniqlo jadi pakaian paling bisa diandalkan karena bahannya sangat baik dalam menyerap keringat terutama saat syuting apalagi di tempat bercuaca panas.

"Uniqlo tuh dari saya pakai ukuran M, L, XL, sekarang L lagi. Mau balik ke M, tapi jangan deh," kelakar Ringgo mengandaikan perkembangan ukuran tubuhnya. Seisi ruangan lantai Galeri 2 pun terbahak, kecuali sang istri Sabai Dieter Morscheck nan duduk di sampingnya memasang muka ketus.

"Jangan malu-maluin diri sendiri. Kan bisa pengandaiannya anak. Uniqlo jadi bagian dari anak masih bayi sampai sekarang udah gede," kata Sabai menimpali kelakar suaminya sambil terkekeh.

Uniqlo
Pasangan Ringgo dan Sabai berebut pelantang ingin bersaing lebih dulu bicara. (Foto: MP/Ronggo)

Segendangsepenarian dengan Ringgo, pewara sekaligus aktor Daniel Mananta merasa Uniqlo telah menjadi bagian dari momen paling penting dalam hidupnya. Pada 2020 silam saat masih pandemi, Daniel beroleh tantangan untuk menyelesaikan lari maraton dengan jarak 42,195 kilometer.

Di ajang tersebut, setelah berlatih lebih-kurang satu bulan, Daniel ternyata mampu mencapai garis finish dengan menggunakan Uniqlo Sport Utility Wear. "Itu jadi kesempatan berharga buat saya, dan sampai sekarang kalau olahraga masih pakai baju itu karena enak banget dipakai," kata Daniel nan di umur 42 tahun mengaku sedang giat berolahraga.

Uniqlo
Daniel Mananta sedang aktif berolahraga di usia 42 tahun. (Foto: MP/Ronggo)

Kenyamanan Uniqlo tak hanya dirasakan Ringgo, Sabai, dan Daniel tetapi juga penyanyi legenda Iwan Fals. Pelantun tembang Kemesraan tersebut mengungkapkan selain kausnya ternyata kemeja flanelnya juga nyaman digunakan. "Keren juga. Pokoknya kaus, celana, sampai topi juga sama semua. Keren," kata Iwan Fals.

Uniqlo selalu beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi dan berinovasi dengan menyediakan pakaian untuk menunjang aktivitas sepanjang hari dengan kenyamanan terbaik, di antaranya AIRism di beberapa koleksi favorit seperti innerwear, t-shirt, kemeja, dan blouse serta sleepwear karena kemampuannya menyerap dan melepaskan kelembaban dengan cepat namun tetap sejuk saat disentuh kulit.

Uniqlo
Iwan Fals senang dengan kemeja flanel. (Foto: MP/Ronggo)

Teknologi HEATTECH dikembangkan Uniqlo juga dapat menjaga kehangatan tubuh baik di dalam maupun di luar ruangan, serta menjadi salah satu teknologi unggulan di beberapa koleksi, seperti jaket untuk UV protection dengan UPF50+ 1 sebagai perlindungan ekstra agar terhindar dari polusi dan sinar UV berlebihan.

"Uniqlo dipakai manggung enak juga. Seru kayaknya bisa main musik di gerai Uniqlo di kota-kota lain kan," kata Iwan Fals berseloroh. (*)

Baca Juga:

UNIQLO akan Buka 8 Toko Baru Hingga Pertengahan 2023

#Iwan Fals #Fans Iwan Fals OI #Daniel Mananta #Sabai Morschek
Bagikan
Bagikan