Kuliner
Ragam Jenis Pasta dan Cerita di Baliknya Bentuk pasta dan cerita di baliknya. (Foto: Unsplash/Jorge Zapata)

PASTA kerap dikaitkan dengan Italia. Mereka sangat menyukai pasta, bukan hanya karena rasanya yang enak, melainkan karena iklim wilayah di sana menjadikannya lingkungan yang sempurna untuk menanam gandum durum, bahan utama pasta.

Adonan yang dibuat dengan tepung gandum durum atau semolina ini memiliki kandungan gluten tinggi yang memungkinkannya diregangkan menjadi berbagai bentuk. Ketika pasta semolina dikeringkan, itu akan memiliki umur simpan yang lama hampir sama dengan beras dan bisa dijadikan makanan pokok.

Gandum durum juga membedakan pasta Italia dari mi Asia. Mi dari Asia secara tradisional dibuat dengan tepung beras dan bahkan mi gandum, seperti yang ditemukan di beberapa masakan Tiongkok menggunakan jenis gandum yang berbeda dari durum.

Baca juga:

Pasta yang Disukai Orang Indonesia, Mana yang Kamu Suka?

Kamu mungkin pencinta pasta, tetapi pernahkah kamu bertanya mengapa pasta dibentuk menjadi berbagai jenis? Berikut bentuk juga jenis pasta dan sejarah di baliknya seperti dikutip dari laman Mentalfloss.

1. Lasagna

Ragam Jenis Pasta dan Cerita di Baliknya
Lasagna merupakan bentuk pasta yang paling pertama ditemukan. (Foto: Unsplash/Karolina Kolodziejczak)

Lasagna merupakan salah satu bentuk pasta yang paling awal diketahui. Menelusuri asal-usulnya dari Roma kuno melalui Yunani kuno, lasagna adalah mi pipih lebar yang digunakan untuk membuat hidangan berlapis dengan isian tomat, keju, dan daging cincang yang berlimpah. Hidangan ini sangat populer dan bisa kamu temukan di restoran mana saja.

Lasagna disebut laganon di Yunani kuno dan laganum di Roma. Tomat sebelumnya belum ada di Eropa sampai abad ke-16 sehingga hidangan lagsana menggunakan bahan menarik lain sebagai pengganti tomat.

Salah satu resep awal dari buku masak akhir abad keempat atau awal abad kelima Apicius, meminta saus perut babi yang dimasak dengan anggur kismis dan dada burung pelatuk untuk dilapisi di antara panekuk tipis.

Resep lasagna dari buku masak Italia abad ke-14 Liber de Coquina, terlihat sedikit lebih familiar dengan instruksi yang mengatakan untuk melapisi keju parut dan bumbu dengan pasta.

2. Vermicelli

Ragam Jenis Pasta dan Cerita di Baliknya
Vermicelli merupakan bihun. (Foto: Unsplash/Sebastian Holgado)

Jika pasta berasal dari Eropa dan mi berasal dari Asia, lantas darimanakah asal bihun? Bergantung pada resep yang digunakan, Eropa dan Asia bisa menjadi negara asal kelahiran bihun, tetapi pertama kali bihun muncul sebagai pasta di Italia kira-kira enam abad yang lalu.

Salah satu penyebutan pertama bihun berasal dari The Art of Cooking Sicilian Macaroni and Vermicelli, sebuah buku resep yang disusun oleh raksasa kuliner pada abad ke-15 Martino da Como.

Martino memasak untuk Duke of Milan dan Kardinal Ludovico Trevisan, yang merupakan penasihat dekat paus. Dia dianggap sebagai salah satu koki selebriti pertama dalam budaya Barat. Selain mempelopori buku masak modern.

Bihun adalah pasta panjang dan tipis dan namanya secara harfiah berarti cacing kecil. Orang Barat memutuskan untuk menerapkan nama itu ke mie Asia apa pun yang terlihat mirip.

Mi tipis digunakan dalam hidangan seperti pho dan bun bo hue, tetapi jangan berharap untuk melihat kata bihun pada menu di Asia. Bihun tidak digunakan di negara asal hidangan ini karena biasanya menggunakan berbagai nama daerah untuk mie panjang dan kurus yang digunakan sebagai gantinya.

3. Makaroni

Ragam Jenis Pasta dan Cerita di Baliknya
Makaroni sering kita temukan di jajanan pinggir jalan. (Foto: Unsplash/Hermes Rivera)

Bentuk pasta lainnya yang disebutkan dalam judul buku masak Martino da Como adalah makaroni. Nama makaroni memiliki etimologi yang agak diperdebatkan, tetapi inilah satu penjelasan menarik yang masuk akal.

Dalam Heracleidae karya Euripides, menceritakan kisah anak-anak Heracles, nama salah satu putri Heracles adalah Macaria. Demophon, raja Athena, mengumumkan bahwa oracle telah memberitahunya bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan kota adalah dengan mengorbankan seorang gadis dari seorang ayah yang mulia.

Macaria menawarkan dirinya sebagai gadis bangsawan sehingga memenangkan dirinya sendiri gelar 'kematian yang mulia.' Ada catatan lain tentang cerita Macaria dari sebuah ensiklopedia tentang dunia kuno. Macaria dikatakan sebagai putri Hades dan menariknya dia juga terhubung dengan kematian yang diberkati.

Orang Yunani menggunakan kata makaria untuk menggambarkan makanan yang terbuat dari jelai, mungkin karena hidangan jelai adalah bagian umum dari pemakaman di Yunani kuno.

Bahkan kini, makanan yang disajikan setelah pemakaman Ortodoks Yunani disebut makaria. Jika penjelasan ini dapat dipercaya, makaroni yang kita kenal sekarang berevolusi dari makaria, hidangan yang terbuat dari tepung jelai.

Ketika orang Yunani mendirikan koloni Napoli, mereka menemukan hidangan berbasis jelai yang dibuat oleh penduduk setempat dan menyebutnya makaria. Suatu saat terdapat kotak biru Kraft dan biji-bijian yang digunakan untuk membuat hidangan menjadi gandum durum dan namanya kemudian menjadi maccheroni.

Untuk beberapa orang Italia dan orang Italia-Amerika, makaroni atau varian regionalnya akhirnya menjadi istilah umum untuk semua jenis pasta. Hidangan ini biasanya dipadukan dengan keju parut dan mentega yang banyak.

4. Tonnarelli

Ragam Jenis Pasta dan Cerita di Baliknya
Tonnarelli hampir mirip dengan fettuccine. (Foto: Unsplash/Abhishek Hajare)

Versi lain dari makaroni dan keju dapat ditemukan di hidangan Romawi klasik cacio e pepe. Namanya diterjemahkan menjadi keju dan merica yang merupakan bahan-bahan masakannya.

Tonnarelli terlihat sedikit seperti spageti, tetapi umumnya berbentuk persegi, bukan ujungnya yang membulat. De Cecco, produsen pasta internasional yang berasal dari wilayah Abruzzo di Italia, sebelah timur Roma, menyebut tonnarelli sebagai versi regional dari Maccheroni alla Chitarra.

Chitarra adalah alat yang digunakan untuk membuat pasta. Jika diterjemahkan, artinya adalah 'gitar'. Banyak kabel yang digunakan untuk mendorong lembaran tipis adonan pasta mentah, memotong bagian datar menjadi potongan tipis dalam prosesnya.

Baca juga:

Mengenal 'Benang Tuhan', Pasta Terlangka di Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mengintip Lukisan Tubuh Mengagumkan Karya Seniman Gesine Marwedel
Fun
Mengintip Lukisan Tubuh Mengagumkan Karya Seniman Gesine Marwedel

Seorang seniman bernama Gesine Marwedel, sukses membua sebuah karya seni ilusi lukisan tubuh yang mengagumnkan. Pembuatannya membutuhkan keahlian khusus

Mengenal Jamur Ajaib yang Berguna Bagi Kesehatan
Fun
50 Tahun Bermusik, KISS Rilis Dokumenter 'KISStory'
ShowBiz
50 Tahun Bermusik, KISS Rilis Dokumenter 'KISStory'

Menceritakan 50 tahun karier bermusik band KISS dari kacamata sang pendiri Paul Stanley dan Gene Simmons.

Kurang Peminat, Twitter Bakal Tutup Fleets
Fun
Kurang Peminat, Twitter Bakal Tutup Fleets

Jumlah pengguna tak Sesuai harapan, Twitter tutup sementara fitur fleets.

Kenali Gejala Fisik Gangguan Cemas
Fun
Kenali Gejala Fisik Gangguan Cemas

rasanya seperti sedang melawan pilek, flu, alergi, atau bahkan mabuk.

E-Sport Indonesia Diharapkan Bangkit lewat PON XX Papua
Hiburan & Gaya Hidup
E-Sport Indonesia Diharapkan Bangkit lewat PON XX Papua

Cabang e-sport PON XX Papua juga menghadirkan gim Lokapala.

Harga Fantastis Outfit BTS di Cover Rolling Stone
ShowBiz
Harga Fantastis Outfit BTS di Cover Rolling Stone

Cek harga outfit BTS untuk pemotretan cover majalah Rolling Stone.

Makna Kemerdekaan Indonesia di Mata Sandiaga Uno
Hiburan & Gaya Hidup
Makna Kemerdekaan Indonesia di Mata Sandiaga Uno

Menang lawan COVID-19, together we can do it.

'Muscle Memory' Bantu Tubuh Terbentuk Lebih Cepat setelah Hiatus
Hiburan & Gaya Hidup
'Muscle Memory' Bantu Tubuh Terbentuk Lebih Cepat setelah Hiatus

Otot-otot tubuh kita ternyata mampu mengingat gerakan-gerakan dan resistensi.

3 Film Seru dan Menegangkan yang Rilis Mei 2021, Wajib Disaksikan di Bioskop
ShowBiz