Kesehatan Mental
Putus Hubungan sama Media Sosial, Berani Dong Butuh niat dan tekad untuk lepas dari adiksi media sosial. (foto: Thrive global)

DI masa pandemi ini, hidup semua orang seperti berpindah ke dunia digital. Mulai dari sekolah, bekerja, belajar, belanja, hingga bergaul, semuanya dilakukan di ranah digital. Jadi tidak mengherankan jika hal pertama kali kamu raih saat terbangun di pagi hari ialah ponsel pintar. Mengecek surat elektronik hingga melirik media sosial seperti jadi keharusan di rutinitas pagi.

Hal itu jadi bukti nyata betapa dunia digital telah menjadi pusat hidup banyak orang. Bahkan, dalam taraf yang ekstrem, banyak yang terkena adiksi digital.

BACA JUGA:

Waspadai Toxic Productivity Muncul di Masa Pandemi

Adiksi digital merupakan suatu yang nyata. Ketergantungan berlebih pada gawai bisa berakibat buruk bagi kehidupan sosial, mental, hingga kesehatan seseorang. Saat adiksi sudah amat merugikan, inilah saatnya kamu melakukan detoks digital. Apa itu?

Detoks digital adalah sebuah periode waktu sementara untuk sepenuhnya tak terhubung dengan alat-alat digital. Tujuannya, untuk fokus pada interaksi sosial, mengurangi stres, dan hadir sepenuhnya di dunia nyata.

offline
Percaya deh, memutuskan diri dari dunia maya membawa banyak dampak positif. (foto: pixabay/khaase)

Istilah detoks digital pertama kali diperkenalkan lewat Oxford English Dictionary di 2013, enam tahun setelah peluncuran pertama iPhone. Kehadiran ponsel pintar tersebut memang benar-benar telah mengubah pola hidup manusia.

Tak hanya itu, kehadiran iPhone merevolusi pemakaian ponsel pintar. Namun, hal itu tak selamanya berdampak positif. Perubahan yang terlalu cepat, perpindahan dari dunia nyata ke interaksi maya telah menyeret banyak orang ke dalam keadaan adiksi.

Tak sedikit studi yang menemukan bahwa adiksi terhadap ponsel pintar bisa mengarah ke gangguan kejiwaan, bahkan hingga nomofobia. Ketakutan berlebih saat berjauhan dari ponsel itu membuat seseorang secara konstan selalu mengecek keberadaan ponselnya.

Ada pula mereka yang selalu kehilangan fokus saat bekerja demi mengecek notifikasi meski hanya beberapa detik. Lebih jauh, adiksi digital bahkan memaksa kamu untuk ikut dalam budaya selalu 'on'. Hal itu membuat kamu tak mau ketinggalan dalam segala hal terkini di dunia maya.

FOMO demikian istilahnya. Fear of missing out atau takut ketinggalan tren menjadi penanda bahwa adiksi digital memaksa kamu untuk selalu berusaha mengikuti hal-hal terkini di dunia maya alih-alih interaksi di dunia nyata.

media sosial
Adiksi media sosial bisa mencuri hidupmu. (Foto: pixabay/colinoob)

Kelekatan pada gawai juga membuatmu kurang tidur. Cahaya biru dari layar ponsel akan membuat produksi melatonin terhambat. Akibatnya, kualitas tidur pun berkurang. Jika sudah demikian, jangan harap kau bisa punya fokus yang prima dan kemampuan mengolah informasi yang mumpuni.

Seperti dilansir It's Time to Log Off--sebuah platform untuk terlepas dari adiksi digital--detoks digital dengan mengatur waktu penggunaan gawai ataupun membatas penggunaannya akan berdampak besar bagi hidup kamu. Tambahan waktu tidur ialah salah satu impak positif detoks digital. Peningkatan fokus sebagai hasil dari istirahat yang cukup bisa kamu dapatkan dari detoks digital yang kamu jalankan.

Cara terbaik untuk melakukan detoks digital ialah memutuskan sepenuhnya koneksimu ke dunia digital dalam waktu tertentu. Selain itu, kamu perlu menetapkan batas-batasan tertentu untuk penggunaan gawai secara harian.

Platform detoks digital tersebut juga menyarankan kamu untuk menerapkan diet digital dengan perhitungan 5:2. Artinya, kamu bisa menggunakan gawai selama 5 hari dengan efektif, lalu 2 hari tanpa gawai sama sekali.

Berani coba?(dwi)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Google Berhenti Jual Iklan Berdasarkan Data Tracking Browser
Fun
Google Berhenti Jual Iklan Berdasarkan Data Tracking Browser

Google telah mengumumkan jika browser Chrome-nya akan menghentikan dukungan untuk cookie pihak ketiga mulai tahun 2022.

Sambut Bulan Ramadan, WeTV Hadirkan Serial 'Ustad Milenial'
ShowBiz
Sambut Bulan Ramadan, WeTV Hadirkan Serial 'Ustad Milenial'

Dibintangi sejumlah artis ternama Tanah Air.

Nvidia Siap Rilis GeForce RTX 30 dan Seri Ampere
Fun
Nvidia Siap Rilis GeForce RTX 30 dan Seri Ampere

Hanya dalam waktu hitungan bulan.

Apakah Harbolnas Memberi Keuntungan Bagi UMKM?
Fun
Apakah Harbolnas Memberi Keuntungan Bagi UMKM?

Promo tersebut tentu memberikan keuntungan besar bagi UMKM

Marvel Kembangkan Film X-Men Berjudul ‘The Mutants’
ShowBiz
Kerja Keras Boleh, Tapi Jangan Lupa 'Quality Time'
Fun
3 Sneakers Terbaik Jordan Holiday 2020 Retro Collection
Fun
Lokapala Game MOBA Asli Indonesia Pesaing Mobile Legends
Fun
Lokapala Game MOBA Asli Indonesia Pesaing Mobile Legends

Memiliki kualitas yang hampir sama dengan PUBG Mobile garapan Tencent.

Single 'Red Knight' Jadi Simbol Kebangkitan Gergasi Api
ShowBiz
Single 'Red Knight' Jadi Simbol Kebangkitan Gergasi Api

Red Knight merupakan sebuah simbol dari semangat api.

Mental Juara, Bong Chandra Mengubah Kondisi Terpuruk ke Kesuksesan
Hiburan & Gaya Hidup
Mental Juara, Bong Chandra Mengubah Kondisi Terpuruk ke Kesuksesan

Kegigihan dan konsistensi Bong kini membuahkan hasil yang manis.