Puluhan Bus di Terminal Tirtonadi Solo Tidak Laik Jalan

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 31 Maret 2023
Puluhan Bus di Terminal Tirtonadi Solo Tidak Laik Jalan
Petugas Terminal Tirtonadi Tipe A Solo menempeli stiker bus laik jalan angkutan Lebaran, Kamis (30/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pengelola Terminal Tirtonadi Tipe A Solo bersama Polresta Surakarta menggelar operasi penegakan hukum di kawasan Terminal Tirtonadi atau rampcek bus, Kamis (30/3). Hasil rampcek tersebut ditemukan bus tak laik jalan.

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, mengatakan operasi penegakan hukum ini dilaksanakan dengan cara menguji kelayakan unit Bus (Rampcek). Operasi ini menyasar semua bus yang masuk ke Terminal Tirtonadi.

Baca Juga

Demo Elemen Mahasiswa Soloraya Tolak UU Cipta Kerja, Diwarnai Aksi Bakar Ban

"Uji rampcek kami lakukan terdiri dari pemeriksaan administrasi yakni SIM, STNK, KIR," kata Bandiyono, Kamis (30/3).

Dikatakannya, pemeriksaan lain berupa teknis meliputi sistem penerangan, sistem rem, kondisi ban, kondisi fisik kendaraan. Kemudian pemeriksaan ban cadangan, dongkrak, pemecah kaca, segitiga pengaman, alat pemadam api ringan.

"Pengecekan ini sesuai dengan SE Perdirjen Hubdat No. SK.5637/AJ.403/DRJD/2017. Kami melaksanakan pemeriksaan kelayakan kendaraan dilaksanakan setiap hari sampai Lebaran," kata dia.

Dalam operasi yang berlangsung selama dua jam tersebut, kata dia, puluhan bus berhasil terjaring. Lima di antaranya ada pelanggaran yang dikenai tindakan tilang.

"Ada sopir yang SIM nya mati, ada juga bus yang depannya rusak, sehingga kita lakukan tindakan tilang, agar ada efek jera," papar dia.

Baca Juga

Masjid Sheikh Zayed Dongkrak Bisnis Perhotelan di Solo

Ia mengatakan Bus yang telah lolos rampcek akan ditempel stiker khusus Inspeksi Keselamatan LLAJ. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran, memilih armada yang telah berstiker khusus tersebut.

"Kami berharap masyarakat memilih bus yang sudah ditandai dengan stiker khusus, artinya bus tersebut telah melewati serangkaian uji kelayakan." katanya

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Sutoyo, mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, musim mudik 2023 kali pihaknya akan melakukan penebalan personel di sejumlah titik rawan kemacetan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan.

"Penambahan personel dan sinergi antar lembaga, seperti Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan untuk memperlancar arus lalu lintas selama mudik 2023 kita gencarkan," kata Sutoyo. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Souvenir Piala Dunia U-20 Terlanjur Dibikin, Pelaku UMKM Solo Kecewa

#Terminal Tirtonadi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan