PT DKI Kabulkan Banding KPU, Mahfud MD: Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 11 April 2023
PT DKI Kabulkan Banding KPU, Mahfud MD: Pemilu 2024 Sesuai Jadwal
Menkopolhukam Mahfud MD di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4). ANTARA/Melalusa Susthira K

MerahPutih.com - Menko Polhukam Mahfud MD menilai putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang mengabulkan banding Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah tepat. Menurutnya, putusan tersebut mencerminkan penegakan hukum yang benar.

"Memang itulah hukum yang benar, tidak bisa masalah pemilu itu diputus oleh pengadilan negeri maupun pengadilan tinggi karena itu di luar kompetensinya," kata Mahfud di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4).

Baca Juga

PT DKI Batalkan Putusan PN Jakpus soal Penundaan Pemilu

Di sisi lain, Mahfud mengucapkan selamat kepada KPU atas putusan tersebut. Dia bahkan berterima kasih kepada PT DKI Jakarta yang memutus perkara dengan profesional.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengajak seluruh pihak, khususnya penyelenggara pemilu untuk fokus melaksanakan tahapan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Dengan demikian semuanya sekarang harus konsentrasi bahwa pemilu 14 Februari 2024 itu tetap pada jadwal semula," kata Mahfud.

Baca Juga

KPU Sebut Penundaan Pemilu Tak Ada Dalam Undang-Undang

Sebelumya, PT DKI Jakarta mengabulkan banding KPU terhadap Partai Adil Makmur (Prima). Putusan itu membatalkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang mengabulkan gugatan Prima untuk menghentikan pelaksanaan Pemilu 2024.

PT DKI Jakarta juga mengabulkan eksepsi KPU dengan menyatakan Peradilan Umum dalam hal ini PN Jakpus tidak berwenang untuk mengadili perkara tersebut. (Pon)

Baca Juga

KPU RI Bersiap Diri Hadapi Gugatan Partai Berkarya di PN Jakpus

#Pemilu #Mahfud MD #Pengadilan Tinggi DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan