Pria, Mau Coba Punya Rambut Gondrong? Berikut Tipsnya Memanjangkan rambut bukan perkara mudah (Foto: Pexels/Pixabay)

MODEL rambut gondrong alias panjang kini juga menjadi tren di kalangan pria. Memiliki rambut panjang juga enggak mengurangi kemacoan pria. Beberapa selebritas Indonesia maupun luar negeri juga pernah menjajal model rambut gondrong.

Namun, memanjangkan rambut bagi pria bukan perkara mudah. Asal memanjangkan bisa menjadi acak-acakan. Terlalu dirawat malah menjadi feminim seperti perempuan. Tapi kamu enggak perlu khawatir. Laman Go Dok membagikan beberapa tips untuk pria yang ingin memanjangkan rambut.

1. Tahu model yang diinginkan

Kamu harus paham rambut kamu bergelombang atau lurus (Foto: Pexels/VINICIUS COSTA)

Jangan cuma asal yang penting rambut kamu jadi gondrong. Pertama-tama kamu harus tahu model apa yang kamu inginkan. Penting juga memahami model rambut kamu, apakah bergelombang atau lurus. Banyak-banyak browsing di internet model rambut apa yang sesuai dengan kamu.

2. Sesuaikan dengan bentuk wajah

Model rambut dan bentuk wajah sangat berkaitan (Foto: Pexels/Pixabay)

Model rambut dan bentuk wajah kamu berkaitan. Jika rambut kamu enggak sesuai dengan bentuk wajah kamu, penampilan kamu jadi enggak enak dilihat. Misalnya, model Shags dapat menyamarkan telinga atau hidung besar. Sementara potongan panjang tanpa tekstur atau layer tidak mengubah apa-apa selain malah semakin menonjolkannya.

3. Hindari stres pada rambut

Jangan memakai hair dryer setiap hari (Foto: Pexels/Tim Mossholder)

Kalau rambut stres, nanti bisa rontok perlahan. Apa saja yang bisa membuat rambut kamu stres? Jangan mengeringkan rambut dengan cara digosok menggunakan handuk. cara mengeringkannya ialah dengan menyatukan rambut lalu memerasnya dengan lembut. Memakai hair dryer juga boleh tapi jangan sering-sering. Yang pasti jangan pernah menyisir rambut dalam keadaan basah. Rambut kamu bisa rontok dan patah.

4. Kurangi keramas dan rutin memangkas rambut

Cukup memangkas bagian rambut yang bercabang (Foto: Pexels/Nick Demou)

Jangan keramas setiap hari, rambut bisa menjadi kering. Cukup keramas 2-3 kali dalam seminggu. Kemudian, jangan pernah lupa untuk memakai kondisioner rambut, kondisioner bisa memberikan kekuatan pada rambut.

Punya rambut panjang bukan berarti kamu harus absen ke tukang pangkas rambut. Pangkaslah rambut setiap dua atau tiga bulan sekali. Yang dipangkas cukup bagian rambut yang bercabang saja. Memangkas rambut penting untuk mempertahankan bentuk rambut gondrong kamu.

5. Ganti produk perawatan rambut

Enggak perlu memakai pomade lagi (Foto: Pexels/Dana Tentis)

Kamu enggak perlu lagi menggunakan wax, pomade atau gel. Ketiga produk tersebut dirancang untuk pria berambut pendek. Kalau rambut kamu gondrong, kamu harus memakai produk perawatan rambut panjang. Contohnya krim perawatan rambut, serum, hingga kondisioner tanpa bilas.

Sahabat Merah Putih, kunci memanjangkan rambut ialah kesabaran. Enggak masalah kalau rambut kamu tumbuhnya lama. Yang penting rambut kamu enggak sekadar panjang, tapi kuat dan sehat. (ikh)

Baca juga: Kebiasaan Sepele Ini Membuat Rambut Rusak Saat Cuaca Dingin

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH