Posyandu Home Care Bantu Masyarakat Banjarmasin Dapat Akses Kesehatan

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 23 Maret 2023
Posyandu Home Care Bantu Masyarakat Banjarmasin Dapat Akses Kesehatan
Posyadu Home Care menjadi langkah untuk menyediakan pelayanan kesehatan nan terjangkau bagi para warga di Banjarmasin. (Foto: Elnusa Petrofin)

MENDAPATKAN akses kesehatan mungkin merupakan hal yang lumrah bagi sebagian masyarakat. Namun, akses kesehatan dan dokter bisa menjadi sesuatu yang sulit dijangkau bagi masyarakat lanjut usia.

Hal ini disampaikan oleh pihak Elnusa Petrofin (EPN) dalam rilis resminya. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan logistik ini menilai bahwa di beberapa titik atau lokasi, banyak masyarakat berusia lanjut dan anak-anak yang mengalami keterbatasan untuk mengakses layanan kesehatan.

Pandangan ini bermula ketika EPN melakukan kerja operasional di area Integrated Terminal Pertamina Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sekitar area terminal, terdapat banyak masyarakat yang sulit menuju lokasi rumah sakit dan puskesmas di area sekitar karena keterbatasan fisik.

Posyandu Home Care Bantu Masyarakat Banjarmasin Dapat Akses Kesehatan
Pelayanan Posyandu Home Care juga akan dilakukan dengan sistem door to door. (Foto: Elnusa Petrofin)

Oleh sebab itu, EPN pun meluncurkan Posyandu Home Care di area terminal tersebut pada Senin (20/3). Posyandu ini merupakan hasil dari program CSR Petrofin Peduli. CSR sendiri merupakan bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan untuk membantu warga di area sekitarnya.

Acara peresmian Posyandu Home Care ini dihadiri oleh tim Direktur Utama PT Elnusa Petrofin dan jajaran Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Acara ini juga diisi oleh kegiatan simbolis yaitu pemasangan rompi dari kedua belah pihak tadi kepada para kader.

"Program Posyandu Home Care ini merupakan perwujudan salah satu pilar CSR Petrofin Peduli yaitu Petrofin Sehat. Hal ini akan menjadi pilot project," ungkap Aditya Budi Prabowo selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin.

Program ini merupakan inovasi pertama di Banjarmasin yang menyediakan pelayanan posyandu door to door. Jadi nantinya ada tim yang dibentuk secara khusus untuk menjangkau masyarakat luas. Mereka akan secara rutin menyambangi rumah warga satu persatu, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik untuk datang ke pusat kesehatan.

Baca juga:

Rumah Sakit Apung dr. Lie Jilid 2 Siap Kembali Berlayar

Posyandu Home Care Bantu Masyarakat Banjarmasin Dapat Akses Kesehatan
Harapannya inovasi ini dapat terus bertahan dan berkembang ke area lainnya. (Foto: Elnusa Petrofin)

Tim ini baru saja dilantik dan diisi oleh 12 kader. Enam di antaranya merupakan pasangan dari awak mobil tangki Elnusa Peroffin Fuel Terminal Banjarmasin. Hal ini menjadi wujud keterikatan dan partisipasi keluarga pekerja untuk membantu masyarakat.

"Program Posyandu Home Care yang diinisiasi ini... bukan hanya bersifat filantropi (cinta kasih) saja, tetapi memiliki (potensi) keberlanjutan yang sangat baik," ujar Drs. Dolly Syahbana, MM. selaku Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin.

Program CSR Posyandu Home Care ini membantu perusahaan untuk mencapai SDG (Sustainable Development Goals) poin ketiga. Poin ini berisikan tentang menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia.

Ke depannya, Elnusa Petrofin berencana untuk melanjutkan program kesehatan bagi masyarakat setempat dengan cara baru nan berbeda. Salah satunya adalah melalui pelatihan pembuatan bubur bayi yang padat gizi. Program ini harapannya bisa menambah ilmu bagi para ibu serta pelaku usaha bubur dan makanan bayi. (mcl)

Baca juga:

Indonesia Pimpin ASEAN Implementasikan 'One Health' Atasi Ancaman Kesehatan Global

#CSR
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan