Polda Jabar Larang Kegiatan Sahur On The Road saat Bulan Ramadan

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 22 Maret 2023
Polda Jabar Larang Kegiatan Sahur On The Road saat Bulan Ramadan
Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo. ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

MerahPutih.com - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melarang warga menggelar kegiatan "Sahur On The Road" atau konvoi saat waktu sahur selama Bulan Ramadan tahun 2023.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan kegiatan tersebut dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan dan gesekan yang memicu terjadinya keributan antarwarga masyarakat.

Baca Juga:

Polda Jabar Fokus Selidiki Sumber Ledakan di Polsek Astanaanyar

"Prinsipnya 'Sahur on The Road' bersifat kerumunan, kemungkinan akan terjadi gesekan keributan antar-teman bahkan kelompok saat 'Sahur on The Road', sehingga dihimbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan 'Sahur on The Road'," kata Ibrahim di Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Untuk itu, menurut personel kepolisian bakal melakukan langkah pencegahan dengan kegiatan patroli. Menurutnya patroli itu pun dilakukan di seluruh jajaran mulai dari tingkat Polres hingga Polsek.

Apabila ditemukan kelompok yang melakukan kegiatan "Sahur On The Road", maka menurutnya polisi akan langsung melakukan pembubaran.

Baca Juga:

Polda Jabar Periksa 15 Orang Terkait Perundungan Anak di Tasikmalaya

"Bahkan operasi kepolisian, pemeriksaan barang-barang berbahaya termasuk senjata tajam akan kami laksanakan kepada masyarakat yang nekat melaksanakan 'Sahur on The Road'," ucap Ibrahim menegaskan.

Ibrahim pun mengimbau kepada masyarakat agar lebih fokus melaksanakan ibadah pada Bulan Suci Ramadan daripada melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban.

"Mengimbau agar tidak melaksanakan 'Sahur On The Road', karena akan lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya, di mana akan menjadi sarana bagi anak-anak muda untuk berkumpul dan malah menjadi ajang balap liar," ujarnya. (*)

Baca Juga:

Polda Jabar Minta Pemda Bikin Posko di Tiap Kecamatan Pantau Kesehatan Pemudik

#Ramadan #Polda Jabar #Sahur On The Road
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan