Pisang Merah, si Langka yang Kaya Manfaat Pisang merah yang langka ternyata punya manfaat kesehatan untuk tubuh. (foto: health line)

BIASANYA pisang berwarna kuning. Namun, pernahkah kamu melihat buah pisang yang berwarna merah? Ya benar, pisang ini memiliki keunikan karena warna kulitnya merah. Pisang ini bisa kamu temui di beberapa negara Asia Tenggara. Nama lain dari pisang merah ini ialah red dacca. Pisang jenis ini bisa diolah menjadi beberapa makanan.

Dari segi bentuk, pisang ini sama seperti pada pisang umumnya. Yang beda ialah kulitnya yang berwarna merah keunguan. Pisang ini memiliki rasa yang manis dan sedikit rasa raspberry. Pisang ini juga cocok dijadikan sebagai hidangan penutup. Tak hanya itu, pisang ini ternyata juga bermanfaat buat kesehatanmu. Seperti dilansir laman Health Line, berikut lima manfaat pisang merah bagi kesehatan.

BACA JUGA: Pentingnya Segelas Air di Pagi Hari

1. Menurunkan tekanan darah

pisang merah
Kandungan kaliumnya baik untuk kesehatan jantung. (foto: medical daily)


Pisang merah memiliki kandungan kalium yang penting untuk kesehatan jantung karena perannya dalam mengatur tekanan darah. Dalam satu buah pisang merah mengandung sembilan persen dari recommended daily intake atau RDI.

Selain itu, pisang ini juga mengandung potasium dan magnesium yang merupakan dua mineral penting untuk mengontrol tekanan darah. Jadi, bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, pisang ini bisa dikonsumsi agar meminimalisir tekanan darah.

2. Baik untuk kesehatan mata

pisang merah
Lutein dan beta karoten di dalamnya baik untuk kesehatan mata. (foto: vision eye institute)


Pisang merah memiliki kandungan karotenoid atau pigmen organik yang membuat kulitnya berwarna merah. Pisang merah juga mengandung lutein dan beta karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata. Beta Karoten yang ada pada pisang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh yang baik untuk kesehatan mata.

Sementara itu, lutein berfungsi mencegah degenerasi makula terkait usia lanjut yang menjadi faktor penyebab penglihatan memudar.

3. Kaya akan antioksidan

pisang merah
Mengandung antioksidan yang tinggi. (foto: superfoodly)

Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, pisang merah ternyata mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan, jumlah antioksidannya lebih tinggi daripada pisang kuning. Antioksidan adalah senyawa yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut dengan radikal bebas.

Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan stres dan berdampak pada penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Antioksidan yang terkandung pada pisang merah antara lain, vitamin C, karotenoid, dopamin, dan anthocyanin.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

pisang merah
Sumber serat probiotik. (foto: rennie)


Pisang merah merupakan sumber serat prebiotik yang bagus untuk usus. Fructooligosaccharides adalah jenis prebiotik yang terkandung dalam pisang merah dan dapat mengatasi masalah pencernaan. Prebiotik juga mampu mengurangi rasa kembung dan mengurangi sembelit. Satu pisang merah terdapat tiga gram atau sekitar 10 persen dari RDI nutrisi.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

pisang merah
Kaya vit C dan B6 yang baik untuk sistem imun. (foto: cooking melbourne)


Pisang merah juga kaya akan vitamin C dan B6 yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar menjadi lebih sehat. Satu pisang merah mengandung sembilan persen vitamin C dari RDI dan 28 persen B6 dari RDI. Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan dengan memperkuat sel-sel sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan risiko infeksi. Kekurangan B6 juga dapat mengurangi produksi sel darah putih dan antibodi untuk kekebalan tubuh. (And)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH