Pentingnya Segelas Air di Pagi Hari Segelas air putih di pagi hari memberi banyak manfaat kesehatan buatmu. (foto: pixabay/congerdesign)

MANUSIA membutuhkan air untuk bertahan hidup. Asupan air yang cukup memastikan tubuhmu bisa bekerja dengan baik. Hal itu disebabkan 70% tubuh manusia terdiri dari air.

Saat tubuh kekurangan air, kamu bisa saja mengalami migrain, radang usus, hipertensi, wasir, obesitas, batu ginjal, hingga kanker rahim di waktu mendatang.

BACA JUGA: Jarang Diketahui! Ini 5 Cara Ajaib Meningkatkan Energi di Pagi Hari

Oleh karena itu, penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Saat bangun tidur, tubuh tidak mendapat pasokan air sampai dengan 8 jam, minum segelas air segera setalah bangun tidur akan membawa banyak manfaat bagi tubuh.

1. Membuang racun

air
Air akan membersihkan racun lewat urine. (foto: pixabay/public domain pictures)

Pada malam hari, tubuh akan melakukan perbaikan dan mengusir semua racun yang ada dalam tubuh. Ketika kamu minum air di pagi hari dalam keadaan perut kosong, air akan membersihkan segala racun lewat air seni sehingga membuat tubuh lebih segar dan segar.

2. Meningkatkan metabolisme

air
Air membersihkan usus besar. (foto: pixabay/elionas2)

Minum air segera setelah bangun tidur akan membersihkan usus besar sehingga lebih mudah menyerap nutrisi. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan meningkat.

3. Membuat tubuh lebih ramping

air
Mencegah sarapan berlebihan di pagi hari. (foto: pixabay/jarmoluk)

Segelas air di pagi hari akan membuat perut menjadi kenyang dan menahan nafsu makan. Hasilnya, kamu bisa menghindari sarapan berlebihan di pagi hari.

4. Mencegah sakit kepala

air
Mencegah dehidrasi penyebab sakit kepala. (foto: pixabay/caio triana)

Salah satu alasan timbulnya sakit kepala ialah kurangnya asupan air untuk tubuh. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab utama sakit kepala. Karena itu, penting untuk meminum segelas air segera setelah bangun tidur.


5. Mencegah batu ginjal

air
Menghindarkan kamu dari infeksi saluran kemih. (foto: pixabay/derneumann)

Batu ginjal dan infeksi kandung kemih bisa kamu hindari dengan meminum segelas air setelah bangun tidur. Meminum air pada waktu perut kosong akan mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang kamu minum (dengan batas yang sehat), semakin kamu akan terhindar dari berbagai macam infeksi kandung kemih yang disebabkan racun.

6. Menjaga kesehatan rambut

air
Menjaga kesehatan rambut. (foto: pixabay/alfcermed)

Dehidrasi memiliki dampak yang sangat terasa pada pertumbuhan rambut. Hal itu disebabkan seperempat bagian dari sehelai rambut terbuat dari air. Jadi minum banyak air terutama di pagi hari akan memelihara kesehatan rambutmu dari dalam. Dengan begitu, rambut akan bersinar, lembut, kuat, dan sehat.

Jadi sebelum memulai hari, sudahkah kamu minum segalas air putih hari ini?(*)



Dwi Astarini