Pindang Cumi, Sajian Seafood Incaran Pelancong ke Negeri Seribu Pantai Pindang cumi yang menggoda lidah. (Foto: instagram@emihacikenz)

KEPULAUAN Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatra. Provinsi ini sangat terkenal sebagai destinasi wisata pantai dan pulau-pulaunya. Selain itu, daerah berjuluk 'Negeri Seribu Pantai' ini punya segudang makanan khas yang bisa memanjakan para pelancong.

Bangka Belitung sebagai provinsi kepulauan terkenal dengan olahan boga bahari. Salah satu yang terkenal, yaitu pindang cumi. Pindang cumi cukup spesial dari kebanyakan menu pindang berbagai daerah yang biasa dibuat dari ikan-ikan biasa.

Pindang merupakan olahan ikan khas Nusantara. Pindang merujuk pada olahan ikan berkuah dengan asam/asin atau teknik pengawetan dengan penggaraman dengan kadar rendah. Nah, pindang cumi khas Bangka Belitung cukup spesial karena bahan utamanya. Biasanya pindang diolah dari ikan cakalang, tongkol, tuna, layang, atau kembung. Jenis ikan itu umumnya memiliki daging keras.

Pindang cumi khas Bangka Belitung diolah dengan bumbu rempah beragam, seperti bawang cabai, bawang merah, lengkuas, gula, terasi, dan asam Jawa. Selain itu, wajib ditambahkan bumbu iris, seperti tomat, bawang, dan cabai merah.

Pindang cumi khas Bangka. (Foto: instagram.com/ailiehoalie74)
Pindang cumi khas Bangka. (Foto: instagram@ailiehoalie74)

Bagi para pelancong ke Bangka Belitung, pindang wajib ada dalam daftar berwisata kuliner kamu. Pindang cumi cocok dijadikan menu makan siang setelah lelah jalan-jalan.

Kamu juga bisa membuat pindang cumi khas Bangka Belitung di rumah. Berikut Merahputih.com sajikan resep pindang cumi seperti dikutip dari 668 Resep Masakan Khas Nusantara dari 33 Provinsi;


Bahan:

- 1 kg cumi segar ukuran besar, buang isi perut dan kulitnya, potong melintang 2 cm

- 400 ml air

- 3 sdm minyak, untuk menumis


Bumbu yang dihaluskan:

- 6 cabai merah besar

- 12 siung bawang merah

- 1 1/2 sdm terasi

- 2 cm lengkuas

- 1 1/2 sdt garam

- 1 sdt gula pasir

Pindang cumi. (Foto: instagram.com/noniklim)
Pindang cumi. (Foto: instagram@noniklim)


Bumbu lainnya:

- 6 butir bawang merah, iris tipis

- 3 buah tomat hijau, belah empat

- 4 mata asam jawa, seduh air panas, saring


Cara membuat:

1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan bawang merah iris dan tomat, tumis hingga matang

2. Masukkan cumi dan air, masak hingga matang

3. Tambahkan air asam jawa, aduk sebentar, angkat. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kue Pelite, Penganan Kegemaran Bung Karno ketika Diasingkan ke Bangka

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH