Kue Pelite, Penganan Kegemaran Bung Karno ketika Diasingkan ke Bangka Kue petite disebut jojorng di Banten dan tetu di Sulawesi Tengah. (Foto: Facebook/Ira Yani)

BANGKA Belitung merupakan kepulauan di sebelah timur Pulau Sumatera. Pulau utamanya Bangka dan Belitung. Negeri Seribu Pantai ini sangat terkenal sebagai destinasi wisata bahari dan kuliner.

Salah satunya yang wajib kamu coba jika datang ke Bangka Belitung yaitu kue pelite. Kue ini tepatnya berasal dari Muntok, Bangka Barat. Daerah ini sangat terkenal sebagai kota tua yang didirikan pada abad ke-17. Muntok juga dikenal sebagai tempat pengasingan Sukarno dan Hatta di Pulau Bangka.

Muntok dijuluki sebagai Kota Seribu Kue. Nah, kue pelite merupakan penganan spesial di antara yang lain. Kue pelite disebut-sebut merupakan salah satu makanan khas Bangka yang menjadi favorit Bung Karno saat diasingkan di sana. Bung Karno bersama para beberapa pejuang kemerdekaan lain diasingkan di Bangka pada tahun 1948-1949.

Kue petite. (Foto: facebook.com/anita.dyk.1)
Kue petite yang disuka Bung Karno. (Foto: facebook.com/anita.dyk.1)

Kue pelite berbahan dasar tepung. Di daerah lain, penganan sejenis ini ditemukan di daerah Banten bernama jojorong atau kue tetu di Sulawesi Tengah. Bedanya pada isian. Kue pelite diisi gula pasir, sedangkan jojorong diisi gula merah dan takir dibuat dari daun pisang. Kue pelite lebih mirip dengan kue tetu yang juga diisi gula merah dengan wadah daun pandan.

Kue petite dibuat dengan cara sederhana. Adonan dibuat dari tepung beras, santan, dan garam. Diaduk-aduk hingga tercampur dan adonan mengental. Setelah itu, sediakan wadah takir dari daun pandan. Bagian bawahnya diberi gula untuk isian. Taburkan adonan ke dalam takir lalu dikukus.

/media/5e/5d/6f/5e5d6f094883a1df3c5704073e6dd6fc.jpg Kue petite. (Foto: Facebook/Ira Yani)
Kue petite yang diberi gula pasir untuk rasa manis. (Foto: facebook.com/raja.riana.92)

Rasa kue petite terkenal sangat enak. Teksturnya sangat lembut ketika disendok. Bagian dalamnya terdapat gula sehingga percampuran gurih dan manis lumer di mulut.

Kalau kamu melancong ke Bangka Belitung, terutama ke Kota Muntok, Bangka Barat, kue pelite wajib kamu coba. Dijamin kamu bakal ketagihan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Lempah Tumis, Sajian Ikan Khas Bangka Belitung Paling Juara

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH