Pilih Tahu yang Baik dengan Cara Ini Perhatikan dengan baik saat memilih tahu.(foto: pixabay/satyaprem)

SELAIN tempe, olahan kedelai yang tak kalah enaknya ialah tahu. Tak seperti tempe, tekstur tahu lembut dan amat mudah dipasangkan dengan bahan makanan lain. Tahu bisa digoreng, kukus, bahkan nikmat dicampurkan ke dalam kuah sup. Bahan masakan ini amat mudah ditemukan, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket.

Di masa pandemi ini, kamu mungkin harus berusaha sedikit untuk menyimpan tahu kesukaanmu. Hal itu mengingat pembatasan yang diberlakukan. Agar tahu bisa dismpan lebih lama, kamu perlu memilih tahu dengan kualitas baik. Berikut cara terbaik untuk memilih tahu agar mendapat tahu yang nikmat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: Enaknya Tempe untuk Menu Berbuka Puasa

1. Cium aromanya

smile
Tahu punya aroma khas dan segar. (foto: pixabay/giuiamar)

Aroma tahu yang khas dan segar menandakan tahu masih baik untuk dikonsumsi. Jika aroma tahu sudah mulai asam, sebaiknya urungkan niatmu untuk membeli. Untuk tahu goreng berbentuk segi tiga, pastikan aromanya juga masih segar dan tidak tengik.


2. Tidak Berlendir

tofu
Jangan dibeli jika licin berlendir. (foto: pixabay/hjmit)

Saat di pasar, jangan ragu untuk memastikan tahu yang kamu beli masih baik dan segar dengan cara memegangnya. Tahu yang sudah licin dan berlendir sebaiknya dihindari.


3. Sesuaikan Tekstur

tahu
Cek tekstur tahu. (foto: pixabay/allybally4b)

Pastikan kamu menekan tahu yang akan dibeli. Sesuaikan dengan tekstur dari jenis tahu yang akan digunakan. Tekstur tahu lembut atau kenyal harus sesuai dengan ciri tahu yang ada.

4. Perhatikan Warna

tahu
Ada dua warna tahu di pasaran. (foto: pixabay/hidepose)


Warna tahu yang dipasarkan ada dua macam. Tahu putih dan tahu kuning. Tahu putih memiliki rasa tawar, sedangkan tahu kuning biasanya sudah digarami dan memiliki rasa gurih. Warna tahu putih yang baik terlihat segar tanpa bercak kecokelatan, sedangkan tahu kuning memiliki warna kuning yang cerah. Warna kuning pada tahu biasanya menggunakan kunyit.


5. Kukus agar lebih tahan lama

steam
Tahu yang dikukus tahan hingga 5 hari. (foto: pixabay/pietrozj)

Tahu umumnya tidak tahan disimpan lama. Tahu yang direndam dalam air hingga benar-benar terendam seluruh bagian tahu hanya baik digunakan dalam dua hari.

Untuk penyimpanan lebih lama, sebaiknya kamu mengukus tahu. Simpan tahu dalam wadah tertutup dan masukkan ke lemari pendingin. Dengan cara itu, tahu bertahan lima hingga tujuh hari.(dwi)

BACA JUGA: Favorit, Es Tebak Segar untuk Berbuka Puasa

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH