Phenoxyethanol, Pengawet Produk Skincare dengan Efek Samping

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 25 November 2022
Phenoxyethanol, Pengawet Produk Skincare dengan Efek Samping
Phenoxyethanol bisa membvuat produk tahan lama karena mengandung sifat antimikroba. (Foto: Pexels/Kinkate Gruber)

SAMA seperti produk makanan, ketika mencari produk skincare atau make up kamu akan memperhatikan tanggal kadaluwarsanya. Produk skincare dan makeup memang bisa bertahan lama karena ada kandungan Phenoxyethanol di dalamnya.

Dikutip dari thelist, phenoxyethanol merupakan senyawa kimia yang digunakan sebagai pengawet pada produk kosmetik. Hal tersebut dikarenakan Phenoxyethanol bersifat antimikroba. Zat ini dinyatakan aman apabila menggunakannya dengan dosis toleransi maksimal 1 persen. Sebagai pengawet, phenoxyethanol bisa mencegah bakteri dan mencegah tumbuhnya jamur serta ragi pada kosmetik yang kamu miliki.

Baca Juga:

4 Kebiasaan Memperparah Kulit Berminyak

Meskipun dikatakan bahwa kandungan ini bisa menjaga ketahanan pada produk make up, nyatanya apabila digunakan secara sembarangan bisa menimbulkan bahaya. Awalnya kandungan ini diketahui merupakan pengawet yang aman, namun terdapat laporan mengenai bagaimana kandungan ini memiliki efek samping.

Phenoxyethanol meskipun bisa membuat produk skincare menjadi lebih tahan lama, nyatanya juga bisa membuat alergi dan iritasi pada kulit loh. (Foto: Pexels/shiny diamond)

Bagi kamu yang alergi terhadap pengawet phenoxyethanol tentunya harus menghindari penggunaan kosmetik, sabun, dan tabir surya yang mengandung senyawa kimia ini. Hal tersebut dikarenakan phenoxyethanol bisa mengembangkan reaksi alergi anafilaksis.

Zat ini juga tidak baik dan tidak diperbolehkan untuk ibu hamil atau menyusui. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap bayi karena tidak boleh terpapar phenoxyethanol dalam jumlah tinggi.

Baca Juga:

Humanrace Skincare, Perawatan Kulit Ramah Lingkungan dari Pharrell Williams

Pada 2008, terdapat peringatan tentang Mommy’s Bliss Nipple Cream yang dilaporkan membuat bayi terpapar bahan pengawet secara tidak aman. Hal tersebut dikarenakan produk dengan kandungan phenoxyethanol bisa berbahaya bagi bayi, seperti meningkatkan risiko gangguan pernapasan pada bayi.

Untuk mengetahui alergi atau tidaknya, ada baiknya melakukan uji tes tempel terlebih dahulu. (Foto: Pexels/shiny diamond)

Apabila kamu memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya untuk melakukan uji tes tempel terlebih dahulu agar lebih aman. Kamu bisa datang ke profesional untuk mengetahui apakah kandungan ini cocok atau tidak bagi kulit kamu. Kamu juga bisa melakukan uji tes tempel sendiri di rumah dengan mengoleskan sedikit phenoxyethanol ke pergelangan tangan kamu dan awasi selama 24 jam.

Meskipun ada kekurangan yang bisa terjadi, nyatanya ada juga manfaat phenoxyethanol yang bisa kamu dapatkan. Selain bisa menstabilkan produk skincare atau makeup dan meningkatkan umur simpan pada produk, phenoxyethanol juga bisa mencegah pertumbuhan mikroba. (yos)

Baca Juga:

Pilihan Cushion Bagi Kulit Wajah Kering dan Berminyak

#Kecantikan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan