Permainan Anti Gadget di Tongkrongan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 16 April 2021
Permainan Anti Gadget di Tongkrongan
Jangan cuma gadget-an di tongkrongan. (Foto: Pixabay/Carom)

NONGKRONG bareng teman memang kegiatan yang asyik dan seru. Tapi semua berubah setelah negara api menyerang, dan gadget sudah mengambil alih keseruan itu.

Momen kumpul bersama teman jadi kurang asyik ketika gadget sudah di tangan, betul atau betul? Nah salah satu cara supaya kumpul tetap seru yaitu dengan bermain games.

Baca juga:

Begini Jadinya Punya Teman Musisi di Tongkrongan

Istilah "gadget mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat" memang benar adanya. Buktinya meet up yang tadinya seru malah jadi garing karena semua teman kamu atau mungkin kamu sendiri asyik sama urusan di dunia maya. Persoalan seperti ini pasti sering banget dialami sama kawula muda jaman sekarang.

Supaya meet up kamu enggak hambar lagi kayak yang sudah-sudah, cobalah permainan-permainan berikut ini. Cocok juga dimainkan sambil menunggu waktu berbuka bareng teman-temanmu.

1. Monopoli

Bisa beli hotel dan rumah di monopoli. (Foto: unsplash/Joshua Hoehne)

Permainan monopoli memang sudah kita kenal sejak lama. Namun, permainan ini masih sangat menarik dan menyenangkan untuk dimainkan saat kumpul rame-rame sama teman. Dijamin permainan ini jadi favorit saat momen kumpul geng-gong kamu.

Bisa dimainkan oleh 2-4 orang, sistem permainannya adalah dengan melempar dadu untuk menentukan jumlah langkah dan petak yang dipijak. Lebih serunya lagi kamu juga bermain menggunakan uang tiruan. Kamu bisa beli rumah dan hotel di monopoli. Tapi bukan rumah atau hotel betulan ya.

2. Gaple

Gaple seru dimainkan bareng teman. (Foto: unsplash/Tatiana Rodriguez)

Bermain gaple juga tak kalah seru untuk sekadar mengisi waktu luang atau sekedar berkumpul dengan teman. Dengan memainkan permainan ini biasanya suasana akan terlihat lebih akrab.

Media dalam permainan gaple ini biasanya berupa kartu kecil balok dan bergambar bulat-bulat merah dalam berbagai jumlah. Mulai dari kartu terkecil dengan nilai kosong sampai kartu tertinggi dengan nilai 6/6.

3. UNO

UNO jadi permainan kartu yang asyik. (Foto: unsplash/Ezequiel Garrido)

Tak lengkap rasanya kalau tidak membahas permainan klasik yang sangat mainstream ini. Salah satu permainan kartu yang asyik dimainkan saat nongkrong adalah UNO. Bukan berarti bermain gaple tadi kurang nendang, tapi memang permainan UNO terbilag lebih ringan dan bisa mencairkan suasana di tongkrongan.

Baca juga:

Nongkrong Karena Stres Boleh, Tapi…

Uno berjumlah 108 kartu. Cara mainnya berikan tujuh kartu kepada setiap orang yang ingin bermain. Minta setiap pemain untuk meletakkan kartunya dalam posisi terbalik. Kamu bisa memainkan permainan ini dengan 2-10 pemain.

4. Ludo

Ludo ada juga di gadget. (Foto: unsplash/Folu Eludire)

Siapa yang enggak kenal sama permainan yang satu ini. Mungkin kamu lebih sering memainkannya dirumah secara online menggunakan gadget kamu. Tapi saat kumpul bareng teman, tidak ada salahnya kamu mencoba permainan ini versi 'langsung'.

Seperti game cross and circle lainnya, Ludo berasal dari game India Pachisi tapi versi sederhananya. Dimainkan oleh dua sampai empat orang, para pemain memacu empat token mereka dari awal hingga selesai. Cocok juga dimainkan saat ngabuburit bareng circle kamu.

5. Karambol

Cara main karambol dengan disentil. (Foto: pixabay/Carom)

Karambol adalah permainan meja yang bisa kamu mainkan bareng teman jika sudah bosan bermain dengan kartu. Berbeda dengan permainan meja lainnya, karambol tidak memakai stik untuk menggerakkan bola, melainkan menggunakan cakram kecil alih-alih bola. Penggeraknya adalah jari tangan yang disentilkan pada cakram sehingga mengenai cakram sasaran.

Dengan mencoba permainan-permainan tadi dijamin kamu dan temanmu akan segera terhanyut dalam keseruannya tanpa harus melibatkan gadget-gadget yang mengganggu itu. Selamat mencoba sobat Merah Putih. (ans)

Baca juga:

Tongkrongan Digital Ubah Kebiasaan Nongkrong di Negeri Aing

#April Tongkrongan Di Negeri Aing
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan