Perbaiki Suasana Hati yang Buruk dengan Makanan Bernutrisi Makanan bernutrisi bisa memperbaiki mood buruk. (foto: pexels/daria shevtsova)

JANGAN biarkan mood yang buruk berlangsung lama. Banyak cara untuk memperbaiki suasana hati. Memilah asupan makanan dan minuman bisa jadi pilihan jitu.

Laman Alodokter merekomendasikan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, asam folat, dan asam amino triptofan yang efektif perbaiki kegelisahan hati.

BACA JUGA: Mana yang Pas untuk Sarapan, Susu atau Jus Jeruk?

1. Oatmeal

oatmeal
Indeks glikemik yang rendah memperbaiki mood. (foto: pixabay/bubithebear)


Beragam manfaat didapat dari oatmeal. Kandungan indeks glikemik rendah yang mampu memperbaiki suasana hati. Mulai dari rasa cemas, sedih, gelisah hingga depresi. Kandungan dalam oatmeal akan melepaskan energi secara perlahan hingga mengalir keseluruh darah. Hal inilah yang memaksimalkan fungsi gula darah dan jaga kestabilan suasana hati.

Tak hanya rendah indeks glikemik, oatmeal juga mengandung selenium. Guna jaga pengaturan kelenjar tiroid agar suasana hati tetap stabil. Baiknya, konsumsi oatmeal setiap pagi hari secara rutin untuk hasil maksimal.

2. Buah pisang

pisang
Asam amino triptofan dan B6 yang baik untuk membentuk serotonin. (foto: pexels/pixabay)

Buah pisang jadi salah satu makanan ringan yang mengandung asam amino triptofan dan vitamin B6. Berkontribusi penting, kandungan dalam buah pisang memaksimalkan proses pengolahan asam amino triptofan jadi hormon serotonin. Manfaatnya dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Zat kimia di otak ini seringkali dijadikan sebagai bahan campuran dalam suplemen kemasan. Tak mengherankan, buah pisang disukai banyak orang. Selain melezatkan, juga efektif redakan depresi, mengurangi insomnia dan atasi gangguan kecemasan.

3. Olahan ikan

ikan
Omega-3 dalam ikan memaksimalkan fungsi otak. (pexels/malidate van)


Kandungan omega-3 dapat diperoleh dari beberapa jenis ikan. Sumber asam lemak omega-3 ini mampu mencukupi kebutuhan asupan tubuhmu hingga mengoptimalkan fungsi otak. Buruknya, kalau tubuh menderita kekurangan asam lemak omega-3. Tubuh yang kekurangan gizi omega-3 ini lebih rentan merasa cemas, sedih, gelisah hingga depresi. Terutama wanita yang rentan depresi.

Kini, beredar suplemen ikan. Meski begitu, baiknya mengonsumsi makanan beromega-3 alami daripada suplemen ikan. Untuk memperoleh makanan omega-3, kamu bisa mengonsumsi ikan sarden dan salmon sebagai menu asupan harian.

4. Cokelat

cokelat
Merangsang otak melepaskan serotonin. (foto: pexels/marta dzetdyshko)


Bukan mitos, kenyataannya cokelat memang mampu redakan suasana hati yang sedang gelisah, tak terkendali, cemas, marah atau bersedih. Sebatang cokelat dikabarkan bisa merangsang otak untuk melepaskan hormon endorfin dan zat serotonin sehingga menurunkan hormon kortisol atau hormon stres. Tetap perhatikan batasan konsumsi cokelat, jika berlebihan bisa merusak kesehatan gigimu.

5. Air mineral

water
Hidrasi membuat metabolisme tubuh optimal. (foto: pixabay/rawpixel)


Cairan tubuh berperan penting dalam menjaga dan mengoptimalkan sistem metabolisme. Setidaknya, manusia disarankan untuk mengonsumsi satu hingga dua liter tiap harinya guna mencegah dehidrasi. Bahkan, jika tubuh kekurangan cairan bisa berisiko merusak kesehatan fisik dan mental seseorang. Selain itu, dehidrasi juga menurunkan kapasitas kemampuan konsentrasimu.

Jika terasa membosankan, tambahkan irisan buah untuk dijadikan infused water. Daun mint, lemon, stroberi, timun atau lainnya dicampurkan ke dalam air mineral. (Dys)

BACA JUGA: Nilai Kalori dari Menu Restoran Siap Saji ini Cukup Untuk Asupan Energi



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH