Perawatan Kecantikan Menggunakan Air Mawar, Ini Manfaatnya Memanfaatkan air mawar untuk kesehatan kulit (Foto: Pixabay/silviarita)

DI BALIK penampilan yang indah, bunga mawah memiliki manfaat yang tersembunyi. Salah satunya adalah air yang dikandungnya. Telah diteliti oleh para ahlinya jika air mawar banyak manfaat. Sering dicari oleh pecinta bunga maupun yang paham mengenai manfaat mawar ini.

Namun, masih jarang yang menggunakannya sebagai bahan kecantikan. Padahal, air mawar telah populer sejak ribuan tahun lalu untuk perawatan kecantikan. Dilansir dari laman alodokter, telah dirangkum oleh merahputih.com beberapa manfaat yang bisa diambil dari air mawar.

Baca juga:

5 Perawatan Kecantikan yang paling Mahal

Bagi kamu yang senang melakukan perawatan kulit, cobalah untuk menggunakan air mawar sebagai alternatif. Cara penggunaan yang cukup mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Yuk kita simak ulasannya.

1. Atasi mata lelah

Perawatan Kecantikan Menggunakan Air Mawar, Ini Manfaatnya
Air mawar bisa mengembalikan kesegaran mata yang lelah (Foto: dr. mariano busso)

Serangkaian aktivitas yang melibatkan kerja mata seringkali menimbulkan rasa lelah. Terlebih bagi kamu yang bekerja di depan layar monitor komputer. Menghabiskan waktu selama kurang lebih delapan jam lamanya, mata akan menunjukkan tanda kelelahan.

Untuk mengatasi keluhan mata ini, air mawar bisa jadi alternatif pemulihan. Salah satunya dengan mengompres mata menggunakan kapas atau kain yang dibasuhkan air mawar. Diamkan selama 20 menit. Lakukan secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal.

2. Redakan peradangan kulit

Perawatan Kecantikan Menggunakan Air Mawar, Ini Manfaatnya
Efektif redakan peradangan kulit juga (Foto: pixabay/kjerstin_michaela)

Terkandung polifenol dan flavonoid dalam ekstrak mawar yang baik untuk meredakan peradangan kulit. Kandungan ini memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Bahkan, gejala penyakit eksim dan rosacea pun bisa diredakan secara perlahan dengan perawatan rutin. Bisa dengan mengoleskan atau mengompres kain yang telah dibasahi air mawar pada kulit yang bermasalah.

Tak hanya itu, air mawar juga seringkali dijadikan bahan tambahan dalam prosedur perawatan kecantikan. Terutama pada kulit wajah yang bermasalah seperti jerawat, keriput atau psoriasis. Hal ini dikarenakan kadar pH dalam air mawar sedikit lebih asam sehingga mampu mengembalikan kelembapan kulit wajah.

Baca juga:

Jangan Asal Pilih Klinik Kecantikan, Perhatikan Beberapa Hal ini agar Kamu tak Menyesal

3. Tingkatkan kelembapan kulit

Perawatan Kecantikan Menggunakan Air Mawar, Ini Manfaatnya
Jaga keseimbangan pH kulit dengan menjadikan air mawar sebagai toner (Foto: pixabay/silviarita)

Air mawar baik untuk kesehatan kulit, terutama wajah. Kandungan pelembap alami dalam air mawar efektif mengatasi kulit yang dehidrasi.

Untuk menjaga keseimbangan pH kulit, gunakan air mawar sebagai pembersih wajah alami atau toner. Tak hanya melembapkan, toner air mawar juga bisa menyegarkan kulit.

Cobalah dengan memindahkan air mawar pada botol spray. Semprotkan ke bagian tubuh yang mengalami permasalahan.

4. Cegah penuaan dini

Perawatan Kecantikan Menggunakan Air Mawar, Ini Manfaatnya
Cegah kerutan dini dengan rutin perawatan menggunakan air mawar (Foto: pixabay/kelseyannvere)

Beberapa penelitian mengungkapkan, air mawar efektif memperlambat proses penuaan dini. Kemunculan garis-garis halus dan kerutan wajah ini seringkali dialami pada lanjut usia.

Bahkan, ada yang mengalami penuaan sejak dini akibat pemakaian produk kecantikan atau kekeliruan dalam merawat diri. Untuk itu, lebih baik menggunakan bahan alami.

Air mawar mengandung antioksidan dan zat pelembap sehingga mampu menghidrasi kulit dan menangkal radikal bebas. Selain itu, juga efektif mengurangi kerusakan kulit. Lakukan secara rutin dan tetap jaga kebersihan. (Dys)

Baca juga:

Selalu Tampil 'Glowing', Red Velvet Ungkap Rahasia Perawatan Kulit



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH