Peran Seorang Ayah Berdampak Besar Bagi Kehidupan Anak Peran ayah dekat dengan anak punya posisi yang penting. (Foto: Pexels/pixabay)

DALAM sebuah keluarga, peran kedua orangtua memang sama pentingnya. Secara umum seorang ibu biasanya lebih banyak berinteraksi dengan anak-anaknya. Ibu akan lebih sering mengasuh dan mengajak bicara dari hati ke hati. Karena ayah sibuk bekerja sampai malam. Sedikit kesempatan sang ayah untuk memiliki quality time bersama anak-anaknya. Meskipun begitu ternyata peran seorang ayah berdampak besar bagi perkembangan si kecil.

Melansir dari extension.harvard.edu, sebagian besar penelitian mengenai karakter anak yang diasuh langsung oleh ayah mengatakan dampaknya sangat positif bagi kehidupannya di masa depan. Mentalnya lebih kuat karena mereka memiliki sosok ayah sebagai panutan setiap hari. Jika ibu berperan dalam mengajari rasa empati dan sopan santun, peran ayah justru berkontribusi bagi kehidupan dan kedewasaan anak dalam bersikap.

Baca Juga:

Tips dan Trik Ampuh Mengasuh Anak Bagi Single Father

1. Percaya Diri

peran ayah membangkitkan rasa percaya diri
Peran ayah sangat besar membangkitkan rasa percaya diri anak. (Foto: Pexels/Pixabay)

Anak-anak yang diasuh oleh ayahnya akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Karena sejak kecil selalu ada sosok yang mengayomi dan melindungi. Ketika mereka dihadapkan oleh sebuah masalah, ada seorang ayah yang siap mendengar keluhan. Solusi yang diberikan seorang ayah pun biasanya tidak pernah meleset.

2. Panutan

anak cenderung meniru ayah sebagai panutan
Anak-anak cenderung meniru orangtuanya. (Foto: spinditty)

Secara tidak langsung seorang ayah akan menjadi panutan bagi sang anak. Baik atau buruk sikapnya, anak-anak akan cenderung meniru. Jadilah seorang ayah yang baik dan pekerja keras. Dengan begitu anak pun tidak mudah keluar dari jalan yang benar. Orang pertama yang akan berinteraksi dengan anak-anak adalah orangtuanya. Keuarga harus bisa menciptakan suasana yang positif.

3. Patokan

Anak perempuan mencari sosok pendamping yang mirip ayahnya
Anak perempuan mencari sosok pendamping yang mirip ayahnya. (Foto: Pixabay/bob_dmyt)

Khususnya bagi anak perempuan, seorang ayah akan menjadi patokannya dalam mencari pasangan. Cinta pertama seorang anak perempuan adalah ayahnya. Dari situ lah ia belajar rasa sayang dan nyaman. Secara tidak langsung anak perempuan akan membuat kriteria pasangan yang memiliki sifat seperti ayahnya. (mar)


Baca Juga:

Generasi Alpha Paling Kaya dan Teredukasi, Tapi...



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH