Tips dan Trik Ampuh Mengasuh Anak Bagi Single Father Yuk kenali berbagai tips dan trik mengasuh anak bagi para single father(Foto: pixabay/eberhartmark)

SOSOK ayah dan ibu bagi seorang anak merupakan sebuah panutan. Jika salah satunya tiada, maka akan memberikan pengaruh besar pada kehidupan sang anak.

Kehilangan ayah atau ibu biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kematian dan perceraian. Meski penyebabnya berbeda keduanya akan menyisakan sejumlah persoalan.

Baca Juga:

Tips Simpel Melindungi Anak agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Salah satunya ialah risiko menjadi orang tua tunggal, baik single mother ataupun single father. Single mother biasanya akan dihadapi dengan masalah keuangan. Sementara bagi single father, persoalan utama ialah ketidaktahuan dalam mengasuh anak.

Menjadi seorang single father tentu bukan perkara mudah. Selain berperan sebagai pencari nafkah, kamu juga harus menjadi ibu, yang senantiasa mengasuh sang anak.

Nah, untuk kamu para single father, berikut ini ialah beberapa tips dan trik yang dilansir dari laman Go Dok.

1. Tunjukan Rasa Kasih Sayang Pada Anak

Jangan malu menunjukan rasa kasih sayang pada anak (Foto: pixabay/bob_dmyt)

Seorang pria, termasuk seorang ayah lebih mengutamakan logika ketimbang perasaan. Tapi jika menjadi single father, kamu harus lebih peka dan jangan malu menunjukan rasa kasih sayang pada sang anak.

Dalam hal ini, menunjukan kasih sayang tak melulu dengan memberi hadiah atau kata-kata indah, melainkan bisa dengan cara menemani anak bermain, membaca serta kegiatan lainnya.

2. Jalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi dengan anak harus berjalan lancar (Foto: pixabay/jpm935)

Komunikasi merupakan kunci penting dalam setiap hubungan, termasuk hubungan ayah dan anak. Jadilah teman yang baik untuk anakmu agar dia bisa terbuka. Jangan biarkan anakmu merasa sendiri dan melampiaskannya pada hal-hal negatif.

Terlebih jika anakmu perempuan, diperlukan komunikasi ekstra agar dia mau terbuka dengan masalahnya. Jangan sampai anak perempuanmu lebih merasa nyaman dengan teman laki-lakinya.

Baca Juga:

Kenali Dampak Buruk Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur

3. Jangan Over Protektif dan Acuh

Jangan terlalu overprotektif dan acuh pada anak (Foto: pixabay/designerlisahenry)

Tips mengasuh anak bagi single father yang ketiga ialah jangan terlalu protektif, namun juga tak boleh acuh tak acuh.. Bersikaplah sewajarnya terhadap anakmu. Karena anak yang dididik dengan pola over protektif, cenderung akan memberontak dan melakukan segalanya diam-diam tanpa sepengetahuanmu.

Sebaliknya, jika kamu terlalu acuh tak acuh, sang anak akan merasa tak berharga dan akan mengabaikanmu. Rasa hormat dan kasih sayang anak terhadapmu perlahan pudar dan merasa hidupnya sangat bebas. Tunjukan kepedulianmu saat sang anak menghadapi kesulitan, tapi tetaplah percaya kepadanya bahwa dia akan menyelesaikannya dengan mandiri, khususnya pada usia beranjak remaja.

4. Ikuti Kelas Parenting dan Sharing Sesama Single Parent

Ikuti kelas parenting demi pola asuh yang baik untuk anak (Foto: pixabay/mohamed_Hassan)

Tips keempat yaitu jangan pernah malu mengikuti kelas parenting. Jika kamu tak punya waktu karena terlalu sibuk, lakukanlah sharing pada sesama single parent. Hal ini penting guna mendiskusikan berbagai permasalahan single father dan mencari solusinya.

Nah, itu dia sebagian kecil tips mengasuh anak bagi single father. So, jangan pesimis yah, percayalah jika kamu bisa menjadi ayah sekaligus ibu yang baik bagi sang buah hati, semoga bermanfaat. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Ciptakan Momen Liburan Keluarga yang Menyenangkan dan Bebas Khawatir

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH