Penting, Menjaga Keindahan Ruang Tamu saat Imlek Ruang tamu paling sering terlihat oleh tamu (Foto: Pixabay/Pexels)

SETIAP orang memiliki banyak cara untuk merayakan Imlek. Umunya, Imlek dirayakan di rumah. Itu jadi saat tepat mengundang tamu, dari kerabat hingga teman-teman dekat. Jika merayakan Imlek di rumah, ada satu hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu dekorasi rumah.

Menurut pakar fengsui, Jenie Fengshui, ruang tamu merupakan ruangan paling penting yang harus diperhatikan saat merayakan Imlek di rumah. Ruang tamu yang sudah nyaman dan tertata akan membuat rezeki kamu lancar. Alasannya, akan banyak orang yang tertarik mampir ke rumah kamu.

Ada beberapa aturan penting dalam mendekorasi rumah saat imlek, seperti saran Jenie.

1. Meja makan jangan langsung terlihat dari pintu masuk

Meja makan harus sedikit terpisah (Foto: Pexels/Pixabay)

Menurut Jenie, meja makan jangan sampai terlihat dari pintu masuk. Karena akan 'menusuk' langsung lingkungan hidup seperti tamu maupun orang yang melewati depan rumah kamu. "Energinya bisa ketusuk langsung dari depan," kata Jenie kepada merahputih.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selain itu, kamu bisa memperindah ruang tamu dengan menempatkan tanaman mati atau tanaman hidup. Tapi Jenie lebih menyarankan tanaman hidup karena lebih memperindah ruang tamu."Boleh menghadirkan tanaman mati seperti Sakura, tapi lebih bagus tanaman hidup seperti jeruk-jeruk kecil yang hidup," ujarnya.

2. Harus bersih-bersih supaya rezeki lancar

Kebersihan mendatangkan rezeki (Foto: Pexels/Pixabay)

Logikanya kalau rumah kamu bersih maka setiap tamu yang datang ke rumah kamu akan merasa nyaman. Oleh karena itu, Jenie menyarankan agar membersihkan bagian-bagian rumah yang terlihat oleh tamu. Ya, terutama ialah ruang tamu dan juga ruang keluarga,

Membersihkan kedua ruangan tersebut juga harus total. Bukan hanya membersihkan debu-debu. Tapi juga merapikan letak barang-barang yang enggak letaknya enggak enak dilihat. "Jadi supaya rezeki lancar, kalau ruang tamu bersih, orang akan mau mampir," imbuhnya.

3. Enggak masalah membiarkan lampu menyala terus

Rumah harus selalu dalam keadaan terang (Foto: Pexels/Burak K)

Rumah yang nyaman enggak cuma harus bersih. Melainkan juga harus memiliki penerangan yang sempurna. Khusus saat imlek, enggak masalah jika kamu menyalakan lampu seharian. Selain itu, kamu juga bisa menyalakan lilin di bagian altar. "Lampu nyala terus enggak apa-apa kok saat imlek," tukasnya.

Bagaimana Sahabat Merah Putih, sudah siap mempersiapkan ruang tamu untuk hari Imlek nanti? (ikh)

Baca juga: Deretan Festival Perayaan Imlek yang Bisa Kamu Nikmati di Selandia Baru, Keren-Keren Semua

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH