Pentingnya Alat Pelindung Diri (APD) dalam Pencegahan COVID-19 Pentingnya APD bagi tenaga medis. (Foto: Pixabay/FotoshopTFS)

TAK terbantahkan bila Alat Pelindung Diri (APD) sangat dibutuhkan oleh tenaga medis selama pandemi COVID-19. APD menjadi salah satu alat penting untuk menjaga petugas kesehatan (dokter, perawat, dan lain-lain) yang saat ini berhubungan langsung dengan pasein COVID-19.

Melansir dari Health, APD menjadi salah satu keperluan utama di AS. "Dokter tidak dapat melakukan social distancing ketika melihat pasien," jelas Lauren Pischel, MD dari Yale School of Medicine. Dokter harus berdekatan dengan pasien seiring berjalannya waktu, melakukan pemerikasaan fisik, atau melakukan prosedur lainnya.

Baca Juga:

Harga APD Baju Hazmat Mahal, Jateng Mampu Bikin Sendiri dengan Harga Rp40.000

apd
Petugas menggunakan APD lengkap memasuki ruang isolasi RSUD dr Iskak Tulungagung, Rabu (4/3/2020). (Antara Jatim/Destyan H. Sujarwoko)

Kurangnya APD bukan hanya menjadi masalah di satu negara saja, melainkan sudah masuk ke masalah global. WHO mengungkapkan bahwa stok global APD saat ini tidak mencukupi. Terutama untuk masker dan respirator medis. Badan Kesehatan Dunia itu menyebutkan bahwa langkanya APD saat ini bukan hanya didorong oleh peningkatan jumlah kasus COVID-19, tetapi juga oleh informasi yang salah, panik membeli, dan menimbun.

Semengtara Food and Drug Administration (FDA) mengungkapkan bahwa APD berfungsi sebagai penghalang antara kulit, mulut, hidung, atau mata seseorang dengan infeksivirus dan bakteri. Untuk digunakan dalam pengaturan medis, sebagian besar APD, seperti sarung tangan medis,gaun, dan masker N95, diatur oleh badan pemerintah dan harus memenuhi peraturan.

Ketika digunakan dengan benar dan melakukan praktik pengedalian infeksi lainnya seperti mencuci tangan, menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol, menutup sewaktu batuk dan bersin, akan meminimalkan penyebaran infeksi dari satu orang ke orang lain. (nic)

Baca Juga:

Dokter Diminta tak Panik, Pemerintah Jamin Tambah Kelengkapan APD


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH