Harga APD Baju Hazmat Mahal, Jateng Mampu Bikin Sendiri dengan Harga Rp40.000

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 23 Maret 2020
Harga APD Baju Hazmat Mahal, Jateng Mampu Bikin Sendiri dengan Harga Rp40.000
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjukkan baju hazmat untuk menangani pasien COVID-19 yang dibuat sendiri dari RSUD dr Moewardi Solo, Senin (23/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Alat pelindung diri (APD) virus corona atau COVID-19 akhir-akhir ini menjadi barang langka setelah wabah mulai menyerang di sejumalah daerah di Indonesia.

Harga APD di pasar pun melambung tinggi di antaranya baju hazmat atau pelindung badan harganya menebus Rp150.000 per baju. Mahalnya barang tersebut disiasati baik oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi Solo, Jawa Tengah, dengan membuat baju atronot dengan harga Rp35.000 sampai Rp40.000 per baju.

Baca Juga:

KAI DAOP 6 Batalkan 10 Perjalanan KA Bandara YIA

Direktur Utama RSUD dr Moewardi Cahyono mengatakan, baju hazmat buatan sendiri ini menggunakan bahan standar pabrikan yakni polypropylene spundbound. RSUD Moewardi mampu memproduksi 200-250 APD yang dapat digunakan untuk para tenaga medis merawat pasien corona.

"Semua ini berawal dari sulitnya mencari baju hazmat di pasar. Kalau ada pun harganya mahal. RSUD dr Moewardi berinisiatif membuat APD sendiri," ujar Cahyono, Senin (23/3).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjukkan baju hazmat untuk menangani pasien COVID-19 yang dibuat sendiri dari RSUD dr Moewardi Solo, Senin (23/3). (MP/Ismail)
Baju hazmat untuk menangani pasien COVID-19 yang dibuat sendiri dari RSUD dr Moewardi Solo, Senin (23/3). (MP/Ismail)

Selain harganya murah, kata dia, pembuatan juga dilakukan sesuai dengan standar. Pembuatannya dilakukan dengan bahan polypropilane sponbound. Bahan ini diklaim bebas dari bakteri.

"Bahan ini pula pernah dipakai saat terjadi wabah flu burung beberapa tahun silam. Sehingga, bahan ini kami nilai sudah sesuai standar WHO (World Health Organization)," tutur dia.

Untuk pembuatannya, pihak rumah sakit menggandeng penjahit UMKM. Jumlah yang dibuat dalam sehari pun tidak banyak, yakni berkisar di angka 100-200 APD. Setiap APD dibutuhkan biaya pembuatan Rp35.000 hingga Rp40.000.

Baca Juga:

Satu Warga Positif dan 45 ODP COVID-19, Sukoharjo Tetapkan KLB

Barang yang diproduksi ini rencananya tidak dijual. Namun, RSUD dr Moewardi menyerahkan pada pemerintah daerah jika nantinya dikembangkan untuk kebutuhan kota.

"Pembuatan baju hazmat tidak kami komersilkan. Kita pakai sendiri, tapi kalau sisa banyak kita kirimkan ke dinas dan rumah sakit lain yang memerlukan," kata dia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memgapesiasi, apa yang telah dilakukan RSUD dr Moewardi dalam membuat baju hazmat sendiri. Ia pun memperbolehkan rumah sakit lain yang ingi bikin baju hazmat bisa datang ke RSUD dr Moewardi.

"Kami selanjutnya tengah mencari terobosan baru dalam rangka pemenuhan masker. Sedangkan hand sanitizer sudah banyak ditemukan pelajar dan perusahaan untuk dibagikan kepasa warga," kata Ganjar. (Ism)

Baca Juga:

PR Sekeluarga Gratis Rapid Test, Pengamat: Utamakan Keluarga Tenaga Medis Dulu

#Virus Corona #Jawa Timur
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan