Penting! Yuk Kenali Aturan Tiket Pesawat Untuk Bayi Sebelum terbang dengan si kecil, kenali dulu aturan tiket pesawat untuk bayi (Foto: abcnews)

MEMBAWA bayi untuk terbang bersama, merupakan sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Tapi untuk melakukan hal itu, tentunya memerlukan berbagai pertimbangan, salah satunya mengetahui aturan tiket pesawat yang dikenakan bagi bayi.

Jangan sampai tujuanmu ingin memberikan kebahagiaan bagi si bayi, namun berujung pada hal-hal yang tak diinginkan. Karena itu penting dipahami beberapa aturan yang berlaku jika ingin membawa bayi saat terbang.

Baca Juga:

Jangan Panik Saat Paspor Hilang, Ini Panduan Mudah Pengurusannya

Seperti yang dilansir dari laman airpaz, berikut ini beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum mengajak bayi untuk terbang.


1. Kenali Usia Minimum Bayi yang Diperbolehkan Terbang

Usai bayi harus diatas usia minimum untuk dapat ikut terbang (foto: Mumgrapevine)


Peraturan pertama yang harus kamu ketahui ketika ingin membawa bayi terbang denganmu, yaitu usia minimal bayi yang diperbolehkan terbang. Kamu perlu ketahui jika kategori penumpang bayi memiliki kriteria usia dibawah 24 bulan.

Sementara usia minimum bagibayi untuk terbang adalah 3 bulan. Kendati demikian, masing-masing maskapai di Indonesia memiliki regulasi yang berbeda terhadap usia minimum. Secara umum mereka tak menerima penumpang bayi yang berusia kurang dari dua hari.

2. Harga Tiket untuk Bayi

Harga tiket untuk bayi jauh lebih murah dari orang dewasa (Foto: moneycrashers)

Berbeda dari orang dewasa, tiket untuk bayi sangat beragam. Tergantung dari maskapai yang kamu pilih. Biasanya masing-masing maskapai yang ada saat ini, ada yang memberlakukan harga tiket bayi sebesar 10% dari tiket penumpang dewasa, selain itu adapula yang menawarkan tiket 20% dari harga tiket orang dewasa.


3. Penempatan Bayi

Ketahui dimana bayi akan ditempatkan saat penerbangan (Foto: cafemom)

Penempatan bayi juga penting kamu ketahui, dalam hal ini psisi tempat bayi diletakan saat dalam penerbangan. Terkait hal itu, semua maskapai memberlakukan peraturan yang sama. Setiap bayi harus diletakkan atau dipangku oleh Ibu atau bapak maupun orang dewasa lain yang membawa bayi itu.

Syaratnya satu orang dewasa hanya bisa memangku satu bayi saja. Jadi jika kamu membawa dua orang bayi, sebaiknya kamu jangan pergi seorang diri. Namun jika si bayi sudah tumbuh lebih besar, sebaiknya kamu memesan satu kursi untuk si bayi.


4. Bayi Tak Mendapat Fasilitas Bagasi

Bayi rupanya tak mendapat fasiltias bagasi, jadi kamu harus pintar menyiasatinya (Foto: star2)

Perlu diketahui, bahwa penumpang dengan kategori bayi tak akan mendapatkan fasilitas bagasi. Karena itu, jika memang bayi memiliki perlengkapan yang cukup banyak, siasatilah dengan barang bawaanmu. Tapi jika ternyata barang yang akan dibawa cukup banya, sebaiknya kamu membeli bagasi tambahan.


Nah itu dia guys beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengajak seorang bayi untuk terbang, jadi jangan sampai salah kaprah yah hehehe. (ryn)

Baca Juga:

Tips Persiapan Traveling ke Tempat Bersuhu Ekstrem

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH