Jangan Panik Saat Paspor Hilang, Ini Panduan Mudah Pengurusannya Jangan panik saat paspor kamu hilang, ada langkah mudah pengurusannya (Foto: pixabay/cytis)

KEHILANGAN paspor merupakan suatu hal yang tak diinginkan oleh setiap orang, apalagi jika kamu sudah punya rencana ingin pergi ke luar negeri.

Karena kehilangan paspor bisa menjadi penghambat untuk bepergian ke luar negeri. Selain itu kehilangan paspor juga bisa menimbulkan kerugian.

Baca Juga: Tips Persiapan Traveling ke Tempat Bersuhu Ekstrem

Mengapa demikian? karena bisa saja ada seorang oknum yang menemukan paspor kamu, dan menyalahgunakan paspor tersebut.

Lantas apa yang harus kamu lakukan saat paspor kamu hilang? Jangan khawatir dan jangan panik. Karena ada beberapa langkah mudah untuk mengurus paspor kamu yang hilang, seperti yang dilansir dari laman airpaz

1. Buat Laporan Kehilangan Paspor ke Kantor Polisi

Langkah pertama ialah membuat laporan kehilangan ke kantor polisi terdekat (foto: pixabay/memorycatcher)

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah membuat laporan kehilangan paspor ke kantor polisi terdekat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan paspor oleh oknum tak bertanggung jawab.


2. Buat BAP di Kantor Imigrasi

Buat BAP di kantor imigrasi (Foto: pixabay/mohammed_hassan)

Setelah membuat laporan kehilang ke kantor polisi, selanjutnya kunjungi kantor imigrasi Indonesia yang ada di kota kamu. Laporkan pada petugas disana jika kamu ingin mengurus paspor yang hilang. Nantinya petugas akan mengarahkan kamu untuk mengambil nomor anteran pembuatan BAP(Berita Acara Pemeriksaan).

Setelah itu kamu ikuti prosedur pembuatan BAP tersebut, sesuai dengan arahan dari petugas imigrasi. Perlu diingatm jangan lupa juga membawa beberapa persyaratan administrasi berupa KTP, Akte Kelahiran, KK, Surat Kehilangan dari Kepolisian dan salinan paspor kamu yang hilang.

3. Kunjungi Kantor Kemenkumham

Usai membuat BAP, kamu ke kantor kemenkumham untuk mengajukan pengurusan paspor hilang (Foto: pixabay/jackmap34)

Setelah membuat BAP di kantor Imigrasi, langkah selanjutnya ialah mengunjungi kantor Kementerian Hukum dan HAM. Namun sebelumnya persiapkan semua berkas yang diperlukan, termasuk laporan BAP dari imigrasi.

Ajukan pengurusan paspor hilang ke petugas Kemenkumham dengan melampirkan berkas-berkas tersebut. Jika berkas sudah diverifikasi dan disetujui, maka kamu akan menerima surat resmi untuk proses pembuatan paspor baru.


4. Buat Paspor Baru ke Kantor Imigrasi

Siapkanlah budget untuk membuat paspor baru (Foto: pixabay/mohammed_hassan)

Setelah tiga langkah tersebut, kamu dapat melanjutkan proses pengurusan paspor hilang dengan membuat paspor baru. Nah pada tahap ini kamu harus siapkan budget untuk pembuatan paspor baru, dan membayar dendan atas kehilangan paspor kamu.

Umumnya nilai dendanya berkisar antara Rp300 ribu. Bayarlah denda dan biaya pembuatan paspor baru sesuai prosedur. Setelah itu ikuti proses pengambilan foto dan sesi wawancara untuk penerbitan paspor yang baru.


Lantas bagaimana jika paspor kamu hilang saat diluar negeri? jangan panik. pertama buat laporan kehilangan paspor dikantor pilisi terdekat dengan penginapanmu, Lalu datang ke kedubes RI yang ada di negara yang kamu kunjungi.

Setelah itu laporkan pada petugas yang berjaga, jika kamu kehilangan paspor. Lalu ikuti prosedur sesuai arahan dari petugas kedubes RI tersebut, biasanya pihak kedubes nantinya akan memberikan kamju SPLP sebagai pengganti paspor sementara. (ryn)

Baca Juga:

Tips Traveling Aman dan Nyaman bagi Perempuan Lajang

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH