Penghargaan Kikuchi Kan Prize untuk Pengisi Suara Goku di 'Dragon Ball Z '

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 12 Oktober 2023
Penghargaan Kikuchi Kan Prize untuk Pengisi Suara Goku di 'Dragon Ball Z '
Pengisi suara tertua di industri serial anime. (Foto Aoni Production)

MASAKO Nozawa, perempuan cantik yang kesohor berkat suaranya untuk karakter Goku, Gohan, dan Goten dari serial anime Dragon Ball Z, mendapatkan penghargaan Kikuchi Kan Price yang ke-71.

Penghargaan tersebut diberikan kepada lansia atau pihak tertentu yang memiliki kontribusi besar di industri hiburan maupun aspek lainnya di Jepang.

Mengutip laman Siliconera, Masako memberikan suaranya di anime selain Dragon Ball Z, di antaranya untuk karakter Tetsuro Hoshino di serial anime Galaxy Express 999 serta Kitaro dari serial anime GeGeGe no Kitaro.

Suaranya yang dalam membuat dirinya lebih banyak dipakai ke karakter cowok daripada cewek di beberapa serial anime.

Baca juga:

'Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi 4' Siap Rilis untuk Konsol Next-Gen

goku
Goku menjadi karakter ikonik yang Masako Nozawa suarai (Foto: Screen Rant)

Masako melakukan debut pertamanya sebagai Astro di anime Astro Boy (1963). Hingga saat ini di usianya yang ke-86, ia masih tetap memberikan suaranya untuk serial anime ternama. Serial anime terakhir yang diisi suaranya adalah Dragon Ball Super: Super Hero pada 2022.

Selain Kikuchi Kan Prize, Masako memegang dua penghargaan dari Guiness World Record sebagai orang yang menghabiskan waktu paling lama dalam berkarier di sulih suara video game dan durasi terlama dalam berkarier dalam satu karakter di video game.

Kedua penghargaan Guiness tersebut didapatkan berkat perannya sebagai Goku di banyak gim Dragon Ball.

Kikuchi Kan Prize diselenggarakan sejak 1938 oleh seorang novelis Kan Kikuchi, yang dikhususkan untuk memberikan penghargaan seni. Setelah Kikuchi meninggal pada 1952, subyek penghargaannya diperluas untuk lebih banyak aspek kontemporer di budaya tertentu.

Baca juga:

Keren Earphone Seri Dragon Ball Z

Masako memang patut menjadi lansia yang cocok diberikan sorotan berkat perannya dalam menyuarai Goku. Apalagi dengan umurnya yang sudah mencapai 86 tahun, Masako menjadi aktris sulih suara tertua yang pernah ada di industri sulih suara serial anime Jepang.

Proyek terbaru Dragon Ball, yakni Dragon Ball Z: Budokai Tenkaichi Zero, akan tetap disuarai oleh Masako untuk Goku.

Gim tersebut akan rilis pada dekade ini. Gim tersebut tetap digarap oleh Bandai Namco dengan studio yang dipakai untuk Naruto Ultimate Ninja Storm maupun Demon Slayer Hinokami Chronicle, yakni CyberConnect2. (dnz)

Baca juga:

PUBG Mobile akan Berkolaborasi dengan Dragon Ball di 2023

#Serial Dragon Ball #Anime #Award
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan