Penerapan Layanan Purnajual dalam Industri Kecantikan Penerapan layanan purna jual di industri kecantikan (Foto: Daily Vanity)

BERAGAM strategi pemasaran yang dilakukan beberapa perusahaan untuk mempertahankan pelanggan aktif. Salah satunya dengan mengupayakan layanan purna jual secara maksimal. Dari bidang otomotif hingga kecantikan menerapkan layanan purna jual. Menawarkan layanan kepuasan pelanggan dengan hadiah menarik dari produk pilihan. Meski tak semuanya memberikan pelayanan memuaskan.

Sebagian besar pelanggan telah mengetahui jenis pelayanan purna jual yang ditawarkan oleh produk ternama. Berikut ini beberapa penerapan layanan purna jual terkait tawaran menarik dalam industri kecantikan.

Baca juga:

Hari Pelanggan Nasional, Ketahui Sejarah dan Tokoh di Baliknya

1. Retur botol bekas

Penerapan Layanan Purna Jual dalam Industri Kecantikan
Konsumen diminta untuk mengembalikan kemasan kosong (Foto: thebodyshop)

Pengembalian kemasan kosong ini menjadi salah satu program The Body Shop Indonesia. Diterapkan sejak 2008, program Bring Back Our Bottles (BBOB) mengajak masyarakat untuk kembalikan botol kosong produk. Guna mendukung program daur ulang. Hasil olahannya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat seperti dilansir dari situs resminya.

Upaya ini termasuk ke dalam bagian dari pelayanan purna jual industri kecantikan di Indonesia. Mengedukasi konsumen untuk lebih bertanggung jawab. Melihat kebiasaan konsumen yang selalu membuang kemasan kosong. Semua guna mengurangi timbunan sampah yang merusak lingkungan.

2. Poin membership

Penerapan Layanan Purna Jual dalam Industri Kecantikan
Hadiah menarik bila memiliki kartu member (Foto: pexels/rawpixel)

Layanan purnajual yang diberikan industri kecantikan, salah satunya poin dalam bentuk membership. Biasanya, pelanggan akan ditawarkan kartu membership. Keuntungannya diberikan saat penukaran poin.

Beberapa perusahaan menawarkan pertukaran poin dengan produk, potongan harga saat ulang tahun atau diskon produk terbaru. Keuntungan ini tersedia di gerai-gerai kecantikan seperti The Body Shop, Innisfree, Guardian, Watsons dan lainnya. Menawarkan keuntungan yang berbeda-beda.

Baca juga:

Media Sosial Mudahkan Pelayanan Pelanggan di Era Digital

3. Cashback voucer belanja

Penerapan Layanan Purna Jual dalam Industri Kecantikan
Pemberian voucher sebagai bentuk cashback, menarik konsumen untuk berbelanja kembali (Foto: bresson)

Lainnya, beberapa toko kecantikan memberikan penawaran menarik seperti hadiah tambahan atau voucer belanja. Diberikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Hadiah tambahan diberikan guna menarik pelanggan untuk berbelanja kembali.

4. Jaminan terdaftar dalam MUI

Penerapan Layanan Purna Jual dalam Industri Kecantikan
Menjamin produk melalui logo halal (Foto: Pixabay/Willem67)

Banyak konsumen kecantikan yang memilih produk halal. Biasanya, jaminan halal diunjukkan dalam logo halal Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Salah satu produk kecantikan yang menonjolkan logo halal adalah brand Wardah. Mengutamakan kenyamanan dan ketenangan perempuan Indonesia dengan memanfaatkan bahan baku yang aman, juga halal.

Tiap tahunnya, wardah menyelenggarakan ajang kompetisi yang menargetkan perempuan berbakat Indonesia. Mengusung tema The Unstoppable You, acara Wardah Inspiring Young Designer Competition terinspirasi dari lini produk premium.

Menggambarkan karakteristik perempuan masa kini seperti yang dilansir dari laman wardah beauty. Mengunggulkan perempuan aktif, dinamis, progresif dan moderen. (dys)

Baca juga:

Hal-Hal Berikut Seringkali Membuat Pelanggan Kesal



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH