Penemu Foto "Selfie" di Dunia Robert Cornelius, penemu foto selfie. (Foto: Thevintagenews)

FOTO selfie atau swafoto telah beberapa tahun terakhir menjadi tren. Banyak kamera ponsel yang mendukung "selfie" membuat orang kadang lebih suka swafoto ketimbang menggunakan menggunakan jasa fotografer profesional.

Sebab, selfie memakai ponsel hasilnya bisa cepat dilihat serta dapat segera dikirim ke media sosial. Swafoto juga lebih menggambarkan keakraban. Namun, tahukah Anda siapa yang pertama kali selfie?

Setelah ditelusuri, catatan sejarah menunjukkan foto selfie telah ada sejak 1839. Saat itu merupakan era ditemukannya fotografi. Robert Cornelius, seorang kimiawan sekaligus perintis fotografi asal Amerika Serikat, yang menjepret foto selfienya pada saat itu (1839) tercatat menjadi pemilik foto selfie pertama di dunia.

Dalam toko perajin perak milik keluarganya di Philadelphia, Amerika Serikat, terlihat hasil jepretan swafoto Cornelius pertama ketika ia berusia 30 tahun. Foto dengan pose tangan menyilang dan rambut kusut milik Cornelius juga diketahui sebagai potret fotografi manusia tertua di AS.

Cornelius memberikan kutipan saat mencetak foto pertamanya yang bertuliskan 'The First Light Picture Ever Taken' dan jadi sosok terkenal dengan karya Daguerrotype, metode proses pengambilan foto yang pertama kali yang dipublikasikan di dunia.

Pria kelahiran 1 Maret 1809 sembilan ini meninggal di usianya yang ke-84. Namun, pada kurun waktu 1841 hingga 1843, ia mengoperasikan dua studio foto di AS yang menjadi cikal bakal berkembangnya fotografi. (Bing)

Baca juga berita terkait: Saat Sesosok Makhluk Muncul di Foto Soekarno dan Kabinetnya.


Tags Artikel Ini

Kapten

LAINNYA DARI MERAH PUTIH