Penelitian: Hewan Peliharaan Bantu Terhindar dari Stres Teman berbulu yang membuat tenang (Foto: Pixabay/Free Photos)

MELIHAT pandemi Corona yang tak kunjung usai. Berbagai serangan ketakutan, kecemasan, frustasi, stres, dan kebosanan selama di rumah banyak di alami orang. Namun, ada kelompok yang bahkan tidak tahu adanya pandemi ini, yaitu hewan peliharaan.

Makhluk berbulu ini malah jadi gembira melihat tuannya yang jadi jarang keluar dari rumah setiap harinya dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama.

Baca juga:

Tidak Betah Karantina, Remaja 17 Tahun Asal Inggris Bunuh Diri

Melansir dari laman NBC24, "Memiliki hewan peliharaan di sekitar kita dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres," kata Dr. Benson, salah satu karyawan di Nation Wide yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Ikatan Hewan Manusia (HABRI).

Melalui upaya tim, kedua lembaga ini berharap untuk menemukan ilmu yang mendukung gagasan tentang memiliki hewan peliharaan selama pandemi Corona. "Jika orang dirumah dan mereka merasa kesepian dan terisolasi, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan atau mengadopsi, bisa menjadi pilihan," seperti ide yang dikemukakan pada NBC24.

Penelitian: Hewan Peliharaan Bantu Menghindari Stres
Jenis anakan anjing golden, cocok untuk dipelihara (Foto: Pixabay/Chiemsee2016)

Hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci, terbukti memberikan ketenangan, stabilitas, dan normalitas, menurut Professor Maggie O'Haire di Pusat ikatan hewan manusia, Universitas Purdue.

Melansir dari laman Fatherly, hanya membelai seekor hewan dapat memicu dopamin,oksitosin, dan serotonin pada manusia, yang mengurangi tingkat stress dan memberikan efek menenangkan.

Baca juga:

Gemasnya Tingkah Hewan Saat Manusia Harus di Rumah Saja karena COVID-19

Penelitian O'Haire, yang sebagian besar berfokus pada hewan pendukung emosional untuk para veteran, gangguan kecemasan, dan anak-anak dengan autisme, telah menemukan secara spesifik bahwa kepemilikan hewan peliharaan dikaitkan dengan berkurangnya kadar kortisol dan hormon lain yang terkait dengan stres dan kecemasan secara signifikan.

O'Haire juga menemukan bahwa anggota keluarga yang memiliki hewan peliharaan juga secara signifikan menurunkan tingkat depresi, kecemasan, dan stres.

Penelitian: Hewan Peliharaan Bantu Menghindari Stres
Luangkan waktu bersama hewan peliharaanmu (Foto: Pixabay/Seaq68)

Karenanya, bagi kamu yang sudah memiliki hewan peliharaan, luangkanlah waktu untuk bersantai dan bermain bersama, jika kamu sedang mengalami hari yang berat dan memiliki emosional yang tinggi. Perlahan tapi pasti, kamu akan merasa lebih tenang dan mampu beradaptasi dengan keadaan yang sedang dialami sekarang.

Tidak menutup kemungkinan bahwa memiliki hewan peliharaan bisa mengarah pada peningkatan olahraga dan kegiatan di luar ruangan. Jalan-jalan masih diperbolehkan dalam karantina, tetapi tetap menjaga jarak sosial. (nic)

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA] 7 'Stigma' tentang COVID-19



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH