Pencinta Keju Wajib Datangi Destinasi Ini Pencinta keju harus coba keju di tempat asalnya. (foto: pixabay/bruce mars)

KAMU penggila keju? Jika iya, sudah pasti kamu ingin mencoba berbagai jenis keju di seluruh dunia. Nah, kenapa tidak langsung saja ke tempat produksi keju yang terkenal?

Dilansir laman The Travel, kota-kota keren ini ternyata memiliki ciri khas kejunya yang sangat enak. Dari keju chedar hingga keju parmesan bisa kamu nikmati di tempat keren ini.

BACA JUGA: Puaskan Hasrat Manismu dengan Kue Nasional dari Negara Asia Ini

1. Somerset, Inggris

keju
Cobain langsung keju chedar dari desanya. (foto: wave to mummy)

Jika kamu suka dengan keju chedar, kenapa tidak ke desanya langsung? Desa Cheddar di Somerset, Inggris ini memproduksi keju sejak abad ke-12. Jika datang ke Desa Cheddar ini, kamu bisa langsung datang ke Cheddar Gorge Cheese Company. Selain bisa melihat proses produksi keju, menyicipi sampel produksi, kamu juga bisa membeli keju di Cheddar Gorge Cheese Company.

2. Bern Canton, Swiss

keju swiss
Melihat pusat keju di Swiss. (foto: go to world)


Swiss memang kota yang paling terkenal dengan keju Swiss. Di Kota Bern Canton, kamu bisa datang langsung ke lembah di sekitar Sungai Emme. Tempat ini merupakan lokasi pertama kali keju emmental dibuat dan diekspor ke seluruh dunia. Kamu juga bisa datang ke sini dan melihat pembuat keju yang sedang mengolah olahan keju yang akan dijual ke masyarakat pencinta keju.

3. Alkmaar, Belanda

keju belanda
Mengunjungi pasar keju di Belanda. (foto: iamexpat)


Jika kamu suka dengan keju Edam dan keju Gouda. Tempat ini memang cocok untuk kamu. Banyak sekali keju Belanda yang bisa kamu nikmati. Bahkan di pasar keju Alkmaar, kamu bisa mencicipi sampel dari keju bernilai tinggi ini. Di pasar keju Alkmaar, kamu bisa menikmati suasana pasar ala Belanda dengan para penjual yang memakai baju tradisional Belanda. Siapa tahu kamu bisa swafoto bersama orang-orang di sana sambil menyantap keju yang nikmat.

4. Normandy, Prancis

keju prancis
Bisa lihat langsung pembuatan keju. (foto: la maison du gruyere)

Berbagai makanan enak pun bisa kamu santap di Prancis, termasuk keju yang nikmat dan enak. Seperti dilansir France Hotel Guide, ada 21 macam keju yang bisa kamu dapatkan di sini. Jika bepergian ke Normandy, kamu bisa menemukan musium keju yang berada di Vimoutier. Di sana kamu bisa melihat sejarah keju yang ada di Prancis, melihat proses pembuatan keju itu, dan tentunya kamu bisa mencicipi bermacam sampel keju yang ada di musium ini.

5. Emilia-Romagna, Italia

parmagiona-regiano
Banyak varian keju lezat di Italia. (foto: pinterest/parmagiano-reggiano)


Keju mozarella buatan Italia memang sudah tiada duanya jika dibandingkan dengan keju lain. Seperti kayanya rasa keju gorgonzola, pedasnya rasa keju provolone, dan keju ricotta yang creamy bisa kamu cicipi di sini. Keju parmesan merupakan keju yang paling terkenal di Italia. Cobalah datang ke pasar tradisional Parmigiano-Reggiano dan kamu bisa melihat kerennya pembuatan keju parmesan dengan mata kepala kamu sendiri.

Banyak sekali makanan yang akan memanjakan lidahmu di sana, seperti saus bolognais, prosciutto atau parma ham, dan juga cuka balsamik. Jadi kamu bisa mencicipi makanan enak itu selagi kamu coba keju parmesan.(dnz)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH