Pemprov DKI Janji Segera Buka Blokade Trotoar di Depan Kedubes AS

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 08 Juni 2023
Pemprov DKI Janji Segera Buka Blokade Trotoar di Depan Kedubes AS
Trotoar di depan Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, ditutup kawat berduri, Selasa (6/6/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

MerahPutih.com - Pemerintah DKI Jakarta melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Polda Metro Jaya perihal polemik penutupan trotoar di depan Keduta Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Kepala Pusat Data dan Informasi Dinas Bina Marga DKI Wiwik Wahyuni mengatakan, Pemprov berjanji akan membuka blokade trotoar di depan Kedubes Amerika.

"Kami sudah mengadakan pembahasan dengan berbagai unsur terkait baik dari Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar AS dan juga Pamobvit (Direktorat Pengamanan Objek Vital) Polda Metro Jaya untuk melakukan pembukaan kembali (re-opening) trotoar di depan kantor Kedubes AS," ucap Wiwik di Jakarta, Kamis (8/6).

Baca Juga:

Hari Ini Pemprov DKI Ambil Sikap atas Penutupan Trotoar Kedubes AS

Namun lanjut Wiwik, pihaknya belum dapat memastikan kapan blokade tersebut akan dibuka. Mudah-mudahan blokade di atas trotoar itu segera dibuka, sehingga warga dapat bebas melintas.

"Namun untuk proses pengerjaan kami mencoba untuk menyesuaikan waktu dalam proses re-opening (pembukaan kembali) trotoar tersebut. Untuk jadwal re-opening ini nantinya bisa segera dilaksanakan secepatnya dalam waktu dekat ini," tuturnya.

Baca Juga:

Anggota DPRD Dukung Pembongkaran Trotoar untuk Urai Kemacetan Simpang Santa

Sementara itu, Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y Kim menuturkan, pihaknya bersedia membuka penutup trotoar di depan kantornya dan siap berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia.

"Aksesibilitas, keamanan, dan walkability adalah faktor pertimbangan penting untuk kota besar seperti Jakarta. Kami menyambut baik dan menantikan kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk pembukaan kembali trotoar di depan Kedubes AS," tulis Sung Y Kim melalui Twitter resminya @USAmbIndonesia.

Trotoar di depan kantor Kedubes Amerika, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat sudah sejak lama ditutup dengan besi, beton dan kawat berduri, sehingga masyarakat tak bisa melewati. (Asp)

Baca Juga:

PSI Minta Pemprov DKI Optimalisasi Trotoar untuk Kurangi Kemacetan

#Kedutaan Besar #Amerika Serikat
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan