Pemkot Solo Larang Iklan Rokok di Kawasan Sekolah

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 12 Mei 2023
Pemkot Solo Larang Iklan Rokok di Kawasan Sekolah
Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Solo, Tulus Widajat. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mulai menertibkan sejumlah iklan rokok yang ada di kawasan pendidikan. Hal itu menindaklanjuti Peraturan Daerah (Perda) Kota Surakarta Nomor 3 tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Reklame.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Solo, Tulus Widajat menjelaskan, adanya kebijakan tersebut membuat Solo makin ramah anak.

Baca Juga

Mulai 15 Mei, Kawasan Stadion Manahan Solo Buka sampai Pukul 21.00 WIB

"Dilarang untuk memasang iklan rokok pada kawasan tanpa rokok/atau jalan protokol, dilarang memasang iklan rokok di kawasan sekolah di radius 200 meter dari area keliling pagar sekolah, serta dilarang memasamg iklan minuman beralkohol," kata Tulus, Kamis (11/5).

Dia mengatakan semua lokasi larangan merokok sudah dilepas. Dia menegaskan kedepan aturan larangan iklan rokok bakal lebih tegas pada beberapa waktu kedepan.

"Intinya larangan iklan rokok ini upaya pemerintah kota untuk melindungi anak-anak di Kota Solo," katanya.

Baca Juga

PN Klaten Eksekusi Tanah yang Terkena Jalur Tol Solo-Yogyakarta

Kepala Bidang Dinas Pemberdataan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluaega Berencana (BP3AP2KB), Purwanti mengapresiasi langkah yang dilakukan dalam aturan larangan iklan rokok di kawasan pendidikan itu.

Pihaknya berharap ke depan ada pengawasan dan hal lainnya terkait praktik atau aktivitas orang merokok di kawasan pendidikan.

"Kawasan yang semestinya ramah anak itu tidak hanya bebas dari iklan, tapi juga bebas dari asap rokok. Perlu komitmen dari lembaga-lembaga yang saling berkaitan untuk pengawasan Perda," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Pesan Gibran ke 45 Bacaleg PDIP Solo: Perbanyak Bertemu Warga dan Aktif di Medsos

#Pemkot Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan