Pelaku Ledakan di Menteng Diduga Incar Rumah Pengusaha Amerika TKP ledakan di RT 01 RW 05, Kelurahan Gondangdia, Jalan Yusuf Adiwinata, Jakarta Pusat. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Suara ledakan diduga bom sempat menghebohkan warga RT 01 RW 05, Kelurahan Gondangdia, Jalan Yusuf Adiwinata, Jakarta Pusat. Suara ledakan ini bersumber dari mobil Pajero yang terparkir di depan rumah mewah bernomor 35.

Ketua RT setempat, Widyawan, mengatakan penghuni rumah tersebut adalah warga Amerika Serikat yang beristrikan warga Indonesia.

Baca Juga

Polres Metro Jakpus Tunggu Hasil Puslabfor Ledakan di Menteng

"Mereka berdua suami-istri kalau tidak salah, anaknya dua, dan ada dua asisten rumah tangganya. "Oh iya suaminya, warga negara asing. Warga negara Amerika Serikat," kata Widyawan, kepada wartawan di Jalan Yusuf Adiwinata, Senin (6/7).

Menurut Widyawan, mereka tinggal di sana cukup lama. Namun, Widyawan tak mengetahui jelas berapa lama warga Amerika Serikat dan istrinya ini menetap di rumah yang dipenuhi dedaunan dan pepohonan tersebut.

"Sudah cukup lama. Cuma saya masih baru. Saya tidak benar-benar tahu sudah berapa lama di sini," kata Widyawan.

RJKP
TKP ledakan di RT 01 RW 05, Kelurahan Gondangdia, Jalan Yusuf Adiwinata, Jakarta Pusat. Foto: MP/Kanu

Dia melanjutkan, bule Amerika Serikat ini sebagai pengusaha. "Pengusaha, tapi saya kurang tahu pastinya di bidang apa," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang beredar dari warga sekitar, dia mengatakan ada orang yang tak dikenal melempar sesuatu ke mobil tersebut sebelum ledakan.

"Saya dapat infonya itu ada yang naik motor lewat, lempar sesuatu, dalam jangka beberapa waktu meledak," jelas Widyawan.

Dia menegaskan, insiden ini pertama kalinya terjadi di Jalan Yusuf Adiwinata, kelurahan Gondangdia, Jakarta Pusat.

"Ini pertama kali, baru kali ini aja. Ada suara dentuman keras sekali," ucapnya.

Setelah suara ledakan terdengar, asap tebal melayang ke udara bersumber dari bagian mobil tersebut.

"Itu cuma kayak seperti keluar asap tebal. Jadi, itu mungkin dari kolong mobil karena kendaraan mereka itu diparkir di depan rumah," jelasnya.

Kepolisian berhasil mengamankan rekaman kamera CCTV yang merekam situasi di lokasi sumber ledakan diduga bom, di Jalan Yusuf Adiwinata, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto, mengatakan kepolisian masih menyelidiki hasil rekaman CCTV tersebut di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

"Masih menunggu (penyelidikan) dari Puslabfor," kata Heru.

Heru menjelaskan, sejumlah barang bukti lainnya pun telah diamankan. Di antaranya pecahan alat berbahan plastik dan pipa.

Baca Juga

Polisi Belum Pastikan Insiden Ledakan di Menteng Ulah Teroris

"Kami menduga, ini ledakan low eksplosif karena dampaknya kecil, aspal tidak ada luka, kaca tidak pecah. Namun, memang ada ban bocor saja yang pecah karena ada pipanya yang masuk ke dalam ban," sambung Heru.

Ledakan diduga bom ini meledakan ban depan sisi kiri mobil mewah diduga milik penghuni rumah bernomor 35, RT 01 RW 05 kelurahan Gondangdia, Jakarta Pusat tersebut. Mobil itu terparkir tepat di depan rumah tersebut. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH