Pekerjaan yang Membawa Kamu Keliling Dunia Pekerjaan yang membuatmu dapat liburan gratis (Foto Unsplash/Jakob Owens)

BUTUH persiapan seksama sebelum memulai perjalanan liburan. Seperti kebutuhan diri selama liburan hingga biaya lainnya. Terlebih liburan ke luar kota ataupun negeri biayanya cukup menguras kantong.

Meski bisa diatasi, banyak yang milih menabung dari penghasilannya. Sebenarnya kurang efisien karena butuh waktu lama. Berikut ini beberapa rekomendasi pekerjaan dari laman business insider untuk liburan gratis.

Baca Juga: Perempuan Karier, Perhatikan 3 Hal Penting ini agar Hidup Kamu Seimbang

1. Jadi influencer

kerja
Jadi influencer, blogger atau vlogger nikmati liburan gratis (Foto Unsplash/Anastase Maragos)


Banyak yang menjadikan Instagram sebagai platform berbisnis. Memiliki banyak pengikut (followers) pada akun sosial medianya, biasa disebut selebgram, youtuber ataupun influencer. Sosial media ini memberikan peluang keuntungan melalui endorsement atau beriklan.

Melansir dari business insider, Jack Morris memperoleh penghasilan sebesar USD9 ribu atau setara Rp123 juta dan Lauren Bullen mendapatkan USD7,5 ribu atau setara Rp106 juta dari Instagram.

Tak hanya jadi influencer, blogger dan vlogger juga bisa berpergian secara gratis. Menikmati perjalanan sembari merekam atau menulis. Biasanya, perjalanan dilakukan selama beberapa hari hingga tahunan untuk membuat konten menarik. Biaya perjalanan tergantikan dengan bayaran dari subscriber atau pengikut di blog.

2. Bekerja di WWOOF

kerja
Jadi relawan WWOOF berpergian dari satu wilayah ke wilayah lain (Foto phinemo)


Menjadi relawan di Worldwide Opportunities on Organic Farms (WWOOF) bisa membuatmu liburan gratis. Ini bukan bisnis tradisional, melainkan relawan yang berpergian dari satu wilayah ke lainnya yang dibatasi dalam waktu tertentu. Pekerjaan ini mengajakmu untuk bercocok tanam selayaknya petani. Meski begitu, imbalan akomodasi dan makanan ditanggung pihak WWOOF sekaligus wisata berkebun. Banyak yang tak memiliki berkarir di WWOOF, tetapi cara ini bisa menghemat liburanmu.


Baca Juga: Penelitian Mengungkapkan, Liburan Bisa Membuat Kerja Lebih Produktif

3. Bekerja di kapal pesiar

kerja
Dapat menyambangi destinasi wisata menarik. (Foto Pixabay/violetta

Kapal pesiar melakukan perjalanan ke berbagai tujuan nan eksotis. Umumnya, tarif kapal pesiar relatif mahal. Meski begitu, kamu tetap bisa liburan gratis. Tipsnya, terlibat sebagai pekerja. Anggota kru mendapat akses internet, makanan dan minuman, olahraga dan fasilitas lainnya secara gratis. Tak hanya perjalanan gratis, kamu juga mendapatkan gaji tambahan. Bisa dipergunakan saat singgah ke kota tujuan.

4. Sebagai pemandu wisata

kerja
Bisa ikut liburan ke tempat-tempat wisata tertentu. (Foto: Pexels/Bui Nam Phong)


Jadi pemandu wisata merupakan pekerjaan yang menguntungkan. Tak hanya menjalin relasi, juga memperoleh profit yang baik. Pemandu wisata dibutuhkan wisatawan untuk .emimpin sekelompok turis sembari menceritakan tempat tujuan itu. Biasanya, pemandu wisata tak tinggal pada satu lokasi atau tergolong freelance. Hal ini membuat pendapatannya tak stabil. Meski begitu, keuntungannya bisa keliling dunia karena pemandu wisata dibutuhkan turis untuk memandunya.


5. Pengajar bahasa Inggris

kerja
Pengajar bahasa Inggris berpenghasilan besar (Foto Pexels/ICSA)


Menguasai bahasa Inggris meningkatkan kualitas dirimu. Kebanyakan pengajar bahasa Inggris memperoleh pendapatan yang relatif lebih besar daripada bahasa umum di negara tertentu. Terlebih di beberapa kawasan seperti Asia, Timur Tengah dan Amerika Latin. Keuntungan lainnya, bagi pengajar yang mendapatkan sertifikasi Teaching English as a Foreign Language (TEFL) di Jepang. Bisa memperoleh gaji sekitar USD36 ribu atau setara Rp513 juta dalam setahun.

6. Fotografer

kerja
Kamu harus membekali diri dengan ilmu fotografi terlebih dahulu. (Foto: Pexels/Mohamed Almari)


Pekerjaan ini lebih memerlukan keterampilan khusus. Memulai dari nasional hingga internasional secara bertahap. Semakin berkembang, maka semakin dikenal banyak orang. Hal ini membuat fotografer handal berkeliling dunia. Tertarik keliling dunia gratis? Mulai tekuni bidang fotografi sejak dini.

Biasanya, fotografer yang mengunjungi satu tempat ke lainnya dibutuhkan pasangan yang ingin menikah. Banyak yang rela merogoh kocek untuk hasil foto terbaik. Tak heran pula, lokasi pemotretan selalu menarik untuk menambah keindahan foto. Rekomendasi dari mulut ke mulut bisa memperluas jaringan bisnismu. Beberapa pelanggan rela menanggung biaya tiket pesawat, makanan dan biaya tak terduga lainnya bila lokasi berpindah-pindah. (dys)


Baca Juga: Kerja Dulu Baru Kuliah? Kenapa Enggak


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo