Pekerja Dengan Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bantuan Sosial Ilustrasi pekerja. (Foto: Kemenaker).

MerahPutih.com - Pandemi COVID-19 yang membuat daya beli masyarakat menurun dan konsumsi anjlok, sehingga pertumbuhan ekonomi negatif, membuat pemerintah meluncurkan program anyar bagi pekerja.

Pemerintah bakal memberikan bantuan sosial bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta dengan total penerima mencapai 13 juta pekerja dengan anggaran dan dana yang disiapkan mencapai Rp31 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya sedang melakukan identifikasi targetnya. Langkah pemberian bantuan sosial, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu memulihkan daya beli masyarakat sehingga pemulihan ekonomi nasional dapat dipercepat.

Baca Juga:

Politikus Demokrat Nilai Anji dan Hadi Pranoto Tak Perlu Diproses Hukum

Ia menyatakan, peningkatan belanja pemerintah juga akan dilakukan untuk melindungi masyarakat seperti melalui bantuan sosial produktif hingga Rp30 triliun bagi 12 juta UMKM.

Kemudian, pemerintah turut menambah bansos untuk pemberian beras kepada 10 juta penerima dengan anggaran Rp4,6 triliun. Selain itu, akan menambah bansos tunai sebesar Rp500.000 per penerima kartu sembako.

Menkeu Sri Muyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Antara)

Ia menegaskan, berbagai bansos yang total anggarannya sebesar Rp203,9 triliun untuk 2020 di dalam rangka menghadapi COVID-19 dan kenaikan belanja bansos hingga semester I sudah mencapai 59,9 persen dengan dana terealisasi Rp85,3 triliun.

“Presiden telah melakukan langkah-langkah bagi seluruh kementerian untuk mengakselerasi penggunaan anggaran yang sudah ditetapkan dalam Perpres 72/2020,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi terkontraksi pada level negatif untuk pertama kalinya sejak triwulan I-1999, setelah perekonomian pada triwulan II-2020 tumbuh negatif 5,32 persen. Daya beli masyarakatpun anjlok.

Baca Juga:

Ojek Daring Paling Diminati Komuter di Kawasan Jabodetabek



Alwan Ridha Ramdani