Pencinta Film yang Dark dan Gothic? Tonton 4 Film Tim Burton Terbaik Edward Scissorhands. (Foto: The MIghty)

SETELAH lulus kuliah jurusan animasi di California Institute of Arts pada 1980, Tim Burton memulai karirnya sebagai animator di Walt Disney Studios. Setahun bekerja, Burton telah menonjol akibat keunikannya dalam menggabungkan tema horor dan fantasi yang aesthetic banget. Karena bentrok dengan visi misi dari Disney, Burton mulai berkarya sendiri.

Selama berdiri sendiri, Burton semakin mampu mengeksplorasi film bernuansa gothic yang gelap dan menghasilkan berbagai karya-karya menakjubkan nan unik dan layak untuk ditonton. Berikut empat film Tim Burton terbaik sepanjang masa:

Baca juga:

Keanu Reeves Bakal Tampil Konyol Lagi dalam Film 'Bill & Ted' Terbaru, Ini 3 Faktanya

1. The Nightmare Before Christmas (1993)

Film animasi musikal karya Tim Burton ini memang sangat populer di era 90-an. Kisah cinta antara Jack dan Sally sendiri juga pernah menjadi referensi dalam lagu I Miss You - Blink 182.

The Nightmare Before Christmas menceritakan tentang petualangan Jack Skellington, seorang raja hantu yang bosan dengan rutinitas menakuti orang lain setiap tahun di desanya, Halloweentown.

Suatu hari, ia berkelana dan menemukan Christmastown yang terdapat nuansa natal hangat dan ceria. Menjadi hal yang baru dan menarik bagi Jack, akhirnya ia berusaha untuk menculik Santa Claus.

Di sisi lain, ada karakter Sally yang jatuh cinta kepada sosok Jack yang tampan dan populer di Halloweentown. Sally merupakan monster buatan Dr. Finkelstein yang diciptakan dari berbagai organ bekas manusia.

Meski jarang didengarkan oleh Jack, Sally menunjukkan seberapa besar cintanya dengan cara tetap mendukung rencana aneh Jack.

2. Corpse Bride (2005)

Film ini memiliki vibes yang sangat mirip dengan Nightmare Before Christmas. Corpse Bride menceritakan tentang Victor yang sedang latihan mengucapkan janji pernikahan di sebuah hutan, dan tanpa sadar telah menikahi mayat bernama Emily.

Meski alur ceritanya terdengar sangat menakutkan, film animasi karya Tim Burton ini mengandung humor-humor gelap yang masih bisa disaksikan bersama anak-anak.

Baca juga:

Tidak Hanya Seru, 4 Serial TV Ini Juga Fashionable Banget

3. Frankenweenie (2012)

Terinspirasi dari cerita Frankenstein, film Frankenweenie menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang ingin menghidupkan kembali anjingnya yang mati tertabrak mobil.

Meski dirilis pada 2012, film ini disajikan hitam putih. Dilansir dari Studio Binder, film ini juga banyak dipengaruhi oleh masa kecil Burton. Film anak-anak yang cukup menyeramkan ini dikatakan mampu menghangatkan hati para penontonnya.

4. Edward Scissorhands (1990)

Diperankan oleh Johnny Depp dan Winona Ryder, Edward Scissorhands menjadi film aneh yang sangat berkesan di industri perfilman Hollywood. Ini disebabkan karena Edward Scissorhands merupakan kolaborasi pertama antara Tim Burton dan Johnny Depp. Menurut The Guardian, sampai saat ini terhitung ada tujuh film yang mereka buat bersama.

Edward Scissorhands menceritakan tentang kehidupan Edward yang menyendiri di sebuah kastil karena kondisi fisiknya yaitu memiliki tangan penuh gunting. Diadopsi oleh seorang keluarga baik-baik, keanehan Edward menimbulkan banyak masalah dari warga sekitar yang memaksa Edward terlihat seperti penjahat. (shn)

Baca juga:

4 Prediksi Terheboh The Simpsons yang Menjadi Kenyataan

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH