Pantai Sulamadaha, Secuil Surga di Maluku Utara Pantai dengan pasir agak kehitam-hitaman (Instagram/dokterkiky)

TERLETAK di Ternate, Maluku Utara, Pantai Sulamadaha menjadi incaran para pelancong saat berlibur ke Indonesia bagian timur. Pasalnya, pantai ini menyajikan keindahan luar biasa layaknya secuil surya yang turun dari langit.

Hamparan pasir yang agak kehitam-hitaman dengan lautan berwarna biru jernih akan menyambut kamu ketika datang ke Pantai Sulamadaha. Deburan ombak serta terumbu karang di sekitar pantai semakin menambah keeksotisan tempat tersebut.

Pantai dengan pasir agak kehitam-hitaman (Instagram/dokterkiky)
Pantai dengan pasir agak kehitam-hitaman (Instagram/dokterkiky)

Karena kejernihannya tentu amat disayangkan kalau berkunjung ke Pantai Sulamadaha tak melakukan snorkeling. Kamu akan melihat beragam jenis ikan yang hidup pada terumbu karang di sana.

Jika beruntung kamu bisa melihat penyu yang berenang bebas di dalam lautan. Biaya sewa alat snorkeling tak begitu mahal, kamu hanya merogoh kocek tak sampai Rp 50 ribu.

Pantai dengan air yang jernih (Instagram/ernaern_)
Pantai dengan air yang jernih (Instagram/ernaern_)

Namun, bagi para pelancong keindahan pantai bukan satu-satunya yang dicari. Karena di sana ada sebuah teluk kecil mirip laguna. Teluk tersebut amat sangat jernih. Bahkan, perahu seakan melayang di udara ketika berada di sana.

Baca Juga: Ikan Kuah Kuning, Paling Maknyus dari Maluku Utara

Baca Juga: Nasi Kuning Ikang Telur, Wajib Coba ketika Berkunjung Malut

Nama teluk tersebut adalah Saomadaha. Jarak antara pantai dengan teluk hanya sekitar 10 menit berjalan kaki. Setelah sampai di sana, dijamin kamu akan terkagum-kagum melihat panorama yang disuguhkan olej alam. Sekilas keindahan Teluk Saomadaha mirip Danau Labuan Cermin di Kalimantan.

Teluk Saomadaha yang menjadi favorit wisatawan (Instagram/marischkaprue)
Teluk Saomadaha yang menjadi favorit wisatawan (Instagram/marischkaprue)

Satu lagi keungulan Pantai Sulamadaha adalah jumlah turis yang datang tak seramai pantai di Jawa atau Bali. Ditambah lagi pantai ini dikelilingi tebing dan pepohonan rindang sehingga terdapat kesan privat saat datang ke pantai ini.

Bagi yang lapar atau haus tak perlu pusing karena di sekitar pantai terdapat banyak kios kios penjual makanan dan minuman. Kamu juga bisa membeli souvenir sebagai kenang-kenangan di sana.

Pantai Sulamadaha yang sangat eksotis (Instagram/alfianberlianmastan)
Pantai Sulamadaha yang sangat eksotis (Instagram/alfianberlianmastan)

Akses menuju Pantai Sulamadaha juga cukup mudah. Hal itu lantaran jarak dari pusat Kota Ternate ke pantai hanya sekitar 14 kilometer atau 30 menit saja. Dari tempat parkir kamu harus berjalan lagi sekitar 10 menit.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH