Pantai Ombak Tujuh, Surga Baru Bagi Para Peselancar Pantai Ombak Tujuh (Instagram/photolucu)

BELUM lama ini Geopark Ciletuh, Sukabumi telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai global geopark. Hal itu cukup membanggakan, karena Geopark Ciletuh adalah satu dari 12 tempat di 11 negara yang ditetapkan UNESCO.

Geopark Ciletuh sendiri sangatlah luas, bahkan Anda butuh berhari-hari jika ingin menjelajahi keseluruhan daerah ini. Mulai dari pantai hingga air terjun bisa Anda nikmati.

Salah satu pantai yang ada di sana adalah Pantai Ombak Tujuh. Pantai yang berjarak 16 kilometer dari Pantai Pengumbahan ini punya keindahan yang sangat memukau.

Tak kalah dengan pantai di Bali

Dari namanya saja tentu kalian sudah tahu kalau Pantai Ombak Tujuh bisa menjadi spot baru untuk berselancar. Di pantai ini orang yang hobi berselancar akan merasakan sensasi yang sama dengan pantai-pantai di bali. Seperti yang diketahui, Bali menjadi salah satu tujuan peselancar dunia untuk unjuk gigi.

Ombak yang dindah di Pantai Ombak Tujuh (Instagram/rispandedi)
Ombak yang indah di Pantai Ombak Tujuh (Instagram/rispandedi)

Pantai Ombak Tujuh bahkan benjadi salah satu pantai yang punya ombak mengagumkan di Indonesia. Tinggi ombak di pantai ini sekiyar 6 meter. Meski demikian aktifitas berselancar di sana masih terbilang minim.

Ombak yang indah di Pantai Ombak Tujuh (Instagram/givnews)
Ombak yang indah di Pantai Ombak Tujuh (Instagram/givnews)

Selain itu Pantai Ombak Tujuh juga punya keindahan yang tak kalah indah dengan pantai di daerah lain. Di sini banyak spot-spot menarik yang bisa diabadikan saat berswafoto.

Banyak spot untuk berfoto (Instagram/sandezign)
Banyak spot untuk berfoto (Instagram/sandezign)

Karena ombaknya yang besar, berenang menjadi kurang menarik di pantai ini. Sebaliknya Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk dijadikan perahu arung jeram. Nantinya nelayan akan membawa Anda ke tengah laut dengan melewati terjangan ombak.

Akses yang begitu menantang

Pantai ini kurang dikenal oleh banyak orang, sehingga fasilitas di Pantai Ombak Tujuh kurang mumpuni. Meski demikian hal tersebut tak mengurangi keindahan alam di sekitar pantai. Jika lapar, di sekitar pantai juga terdapat warung yang dikelola oleh warga setempat.

Akses Pantai Ombak Tujuh (Instagram/trssna)
Akses Pantai Ombak Tujuh (Instagram/trssna)

Pantai Ombak Tujuh tak memiliki tarif untuk masuk. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir seperti pantai-pantai lainnya. Selain itu pantai ini juga buka setiap hari. Namun karena ombak yang besar, disarankan untuk tidak datang saat petang.

Soal akses, jalur menuju lokasi begitu menantang. Anda harus menggunakan motor trail jika ingin ke sana, namun jika cuaca mendukung kendaraan roda dua lainnya bisa lewat.

Akses Pantai Ombak Tujuh (Instagram/form_politeknikstmi)
Akses Pantai Ombak Tujuh (Instagram/form_politeknikstmi)

Jika tak ingin ribet, Anda bisa menyewa ojek motor trail. Namun harganya cukup menguras kantong karena Anda harus mengeluarkan uang ratusan ribu. (*)

Sahabat Merah Putih, itulah sedikit ulasan tentang Pantai Ombak Tujuh. Oh iya sudah tahu kalau di pinggir Jakarta ternyata ada gua? kalau belum bisa baca Gua Garunggang, Surga Tersembunyi dari Pinggir Jakarta

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH