Gua Garunggang, Surga Tersembunyi dari Pinggir Jakarta Gua Garunggang (Instagram/rimpala.fahutan)

TAK jauh dari Ibu Kota Jakarta ternyata ada destinasi wisata tersembunyi yang cukup mengagumkan. Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Gua Garunggang bisa menjadi tempat alternatif bagi kalian yang ingin menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Gua ini memang tak cukup terkenal dibandingkan lokasi wisata lain di Bogor. Namun karena hal itu, Gua Garunggang masih sangat asri karena belum terjamah tangan-tangan jahil manusia.

Gua Garunggang (Instagram/rimpala.fahutan)
Gua Garunggang (Instagram/rimpala.fahutan)

Seperti gua pada umumnya, Gua Garunggang punya keeksotisan batu stalagmit dan stalaktit yang sangat mempesona. Anda juga bisa berkeliling lokasi gua karena lokasinya tak kalah indah.

Hal yang menarik di Gua Garunggang

Keunikan Gua ini bisa dilihat saat berada di mulut gua yang menganga secara vertikal. Karena posisi ini Anda harus menaiki tangga yang sudah disediakan di sana. Agak sempit memang namun setelah masuk ke dalam gua dijamin Anda akan terkagum-kagum.

Di sisi kiri dan kanan terdapat ceruk gua yang mengucurkan mata air. Masyarakat setempat percaya kalau air tersebut bisa membuat seseorang awet muda.

Lokasi sekitar Gua Garunggang (Instagram/miakibau)
Lokasi sekitar Gua Garunggang (Instagram/miakibau)

Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menelusuri gua dengan dipandu warga setempat, berkemah hingga panjat tebing. Di sekitar lokasi banyak tebing yang bisa dipanjat dengan tingkat kesulitan bervariasi.

Bagi yang hobi swafoto, lokasi ini tentu menjadi spot yang menarik. Karena susunan bebatuan di Gua Garunggang mirip film-film Zaman jurassic. Salah satu yang cukup favorit adalah lorong labirin dan batu gantung. Ada juga air yang menyembur dari celah-celah batu. Unik bukan?

Mata air yang keluar dari celah batu (Instagram/daniandwiyan)
Mata air yang keluar dari celah batu (Instagram/daniandwiyan)

Bagi yang ingin melanjutkan petualangan, Anda bisa datang ke destinasi sekitar seperti Leuwi Liek, Curug Baliung dan Leuwi Hejo. Di curung Baliung Anda bisa menikmati birunya mata air yang jarang ada di lokasi sekitar Jakarta.

Berpetualang bersama keluarga

Disarankan Anda menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju ke sana. Alasannya jika membawa mobil Anda hanya bisa parkir di area Curug Leuwi Asih, setelah itu dilanjutkan trek setapak sejauh 3 kilometer.

Berbeda jika Anda menggunakan kendaraan roda dua. Anda bisa menghemat jarak hingga setengahnya. Jarak dari parkiran motor hingga lokasi gua memang tak terlalu jauh hanya sekitar 1,5 kilometer. Jadi Anda bisa mengajak anak Anda untuk berjalan menuju Gua.

Anda bisa ajak anak untuk berpetualang (Instagram/raja_teh)
Anda bisa ajak anak untuk berpetualang (Instagram/raja_teh)

Karena aksesnya becek jika musim hujan, disarankan untuk datang saat musim kemarau atau curah hijan rendah. Sehingga kalau Anda membawa anak tak begitu kesulitan untuk menjangkau lokasi.

Lorong labirin yang populer di Gua Garunggang (Instagram/farid_azwarbike)
Lorong labirin yang populer di Gua Garunggang (Instagram/farid_azwarbike)

Tak ada syarat khusus bagi yang ingin datang ke lokasi. Hanya saja Anda tentu harus menjaga kelestarian Gua Garunggang. Selain itu, setidaknya Anda membawa perbekalan yang cukup karena di sekitar Gua belum ada penjual makanan dan minuman.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk datang ke Gua Garunggang?

Anda juga bisa baca artikel lain di Rekam Jejak Cerita Arus Sungai Ciliwung


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH