5 Makanan Alami Penambah Energi Ketika Kamu Sedang Jalani Diet Makanan penambah energi ramah untuk kamu yang sedang diet (Foto: pixalab/Free-photo)

SAAT menjalani diet, apakah kamu merasa gampang lemas atau kelelahan? Atau harimu yang terasa sangat panjang? Kekurangan nutrisi dan gula bisa menyebabkan kelelahan dan mengganggu kadar gula darah kamu, lo. Meski dalam upaya penurunan berat badan, bagaimanapun caranya kamu memerlukan sumber energi.

Tak perlu khawatir, itu bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu tanpa mengganggu diet yang tengah kamu jalani. Dilansir dari ehow.com, terdapat lima makanan alami penambah energi yang cocok dikonsumsi ketika kamu sedang menjalani diet:

1. Kacang Edamame

5 Makanan Alami Penambah Energi Ketika Kamu Sedang Menjalani Diet
Edamame kaya akan protein dan serat, membuatmu kenyang lebih lama (Foto: tablespoon.com)

Jika kamu ingin mencari penambah energi, kacang edamame merupakan pilihan pertama yang harus kamu coba. Edamame kaya akan protein dan serat, yang bisa membuat kamu kenyang untuk mendapatkan energi dalam jangka waktu yang panjang.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolah edamame menjadi sup, memasukkannya ke dalam salad, atau dengan mudah merebus kacang edamame.

2. Ikan Salmon

5 Makanan Alami Penambah Energi Ketika Kamu Sedang Menjalani Diet
Salmon mengandung banyak vitamin dan omega-3 (Foto: pixabay/NjoyHarmony)


Salmon merupakan salah satu makanan terbaik untuk dimakan, dengan kadungan lemak dan protein sehat. Ikan yang satu ini juga salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik yang mendukung kesehatan otak bahkan meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Salmon juga kaya akan vitamin B-kompleks dan mineral. Bahkan sumber vitamin D, vitamin yang membantu mitokondria yang tentunya bisa menambah energi kamu.

3. Kacang mete

5 Makanan Alami Penambah Energi Ketika Kamu Sedang Menjalani Diet
Camilan energik penambah energi (Foto: pixalab/sunnysun0804)


Kacang mete adalah camilan yang bisa kamu santap saat menjalani diet. Setiap porsi kacang mete dikemas dengan mineral penting, seperti tembaga dan zinc, di mana itu bagus dan dibutuhkan oleh sel dalam tubuh kamu untuk menghasilkan energi.

Kacang mete juga bisa digunakan sebagai alternatif produk susu juga, lo. Caranya kamu cukup rendam kacang mete semalaman di dalam air, lalu campurkan campuran tersebut dengan susu. Karena kacang mete telah menjadi sangat lunak, kamu bisa langsung minum deh tanpa perlu menyaringnya.

4. Roti Gandum dan Almond Butter

5 Makanan Alami Penambah Energi Ketika Kamu Sedang Menjalani Diet
Almond butter pada roti gandum adalah penambah energi yang sempurna (Foto: self.com)


Menggunakan mentega almond pada roti gandum untuk sarapan atau sebagai camilan. Roti gandum mengandung karbohidrat dan serat yang sehat untuk membuatmu merasa kenyang. Sementara satu sendok makan almond butter dapat menambah lemak sehat dan tambahan protein.

Pastikan kamu membeli roti yang terbuat dari 100 persen gandum utuh, terutama jika kamu membutuhkan tambahan energi.

Kamu mungkin pernah melihat kemasan roti yang berlabel "roti gandum", namun itu mungkin masih mengandung olahan yang bisa menyebabkan kadar gula darah terganggu, pada gilirannya membuatmu cepat lelah.

Selain itu, kamu juga perlu teliti memilih almond butter alami yang hanya mengandung almond dan sedikit garam, karena beberapa produk serupa mengandung gula tambahan.

5. Hummus dan Sayuran

5 Makanan Alami Penambah Energi Ketika Kamu Sedang Menjalani Diet
hummus juga mengandung zat besi untuk menghasilkan energi (Foto: pixalab/Ajale)


Hummus adalah makanan khas timur tengah berbentuk pure yang terbuat dari kacang-kacangan dan kaya akan protein. Dipasangkan dengan sayuran yang kaya akan serat, itu mampu menghasilkan peningkatan energi yang seimbang. Serat dan protein akan meningkatkan rasa kenyang, sehingga kamu bisa kembali mendapatkan energi saat menjalani diet.

Perpaduan keduanya juga mengandung zat besi serta mineral yang digunakan dalam sel di tubuh kamu untuk menghasilkan energi. Sementara vitamin C dalam sayuran meningkatkan penyerapan zat besi, kamu bisa mencoba irisan paprika merah atau tomat kecil untuk disantap bersama hummus. (sel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH