Wisata Dunia

Oymyakon, Kota Terdingin Bumi yang Ada di Rusia

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 17 Maret 2022
Oymyakon, Kota Terdingin Bumi yang Ada di Rusia
Suhu di Oymyakon amat dingin. (Foto: The Latest News

SIAP-siap mengenakan jaket berlapis-lapis ketika berada di kota ini. Oymyakon, kota terdingin di dunia ini siap membuat kamu menggigil. Kota ini berada di Rusia.

Oymyakon terletak di bagian timur Rusia, termasuk dalam negara bagian Sakha dengan ibu kota Yakutia. Lokasinya berada sekitar 750 meter di atas permukaan laut dan terkenal dengan cuaca dinginnya yang sangat ekstrem.

Baca Juga:

Segala Hal Tentang Wisata Kiev

Dilansir dari Visit Yakutia, Rabu (16/3), Oymyakon menyabet predikat sebagai tempat terdingin di dunia yang dihuni oleh manusia. Dan jangan bandingkan dengan kutub yang tidak berpenghuni karena jelas-jelas kutub tidak dihuni oleh manusia.

Para penduduk beraktivitas seperti biasa. (Foto: All That's Interesting)

Suhu di kota tersebut rata-ratanya mencapai minus puluhan derajat Celcius. Puncak dinginnya terjadi di bulan Desember hingga Januari, suhunya bisa mencapai minus 50 derajat Celcius pada periode tersebut.

Dalam sejarah yang pernah terjadi, suhu yang pernah dialami paling ekstrem terjadi pada tahun 1926. Pada saat itu, suhunya mencapai minus 71,2 derajat Celcius. Dengan suhu tersebut tentu saja bisa membuat manusia beku dalam sekejap jika tidak mengenakan baju hangat.

Baca Juga:

Australia Siap Sambut Pelancong Indonesia yang Sudah Divaksin

Menurut laman thefeather.org, Oymyakon dihuni oleh sekitar 500 penduduk. Aktivitas harian para penduduk di Oymyakon sama dengan kota lainnya di dunia ini. Ada orang yang bekerja, anak sekolah dan perempuan juga berbelanja di supermarket. Dikarenakan suhu yang sangat dingin, mereka sudah terbiasa dengan pakaian jaket berbulu tebal.

Saking dinginnya, warga di sana bahkan harus menutup hidung mereka dengan syal agar tidak sesak napas akibat angin kencang yang membawa salju. Suhu di pagi hari saja bisa mencapai minus 60 derajat celcius.

Musim dingin di Oymyakon dimulai pada akhir Desember hingga pertengahan Februari. Oleh karena itu, biasanya paket wisata ke kota ini dimulai pada November hingga awal April agar wisawatan tidak merasakan suhu yang amat dingin. Pada saat musim panas, Oymyakon mengalami suhu kisaran 20-30 derajat Celcius.

Cara menuju Oymyakon bisa ditempuh dengan mobil selama dua hari dari Yakutia, dengan jarak tempuh sekitar ribuan kilometer. Wisatawan akan diajak untuk bersosialisasi bersama penduduk asli Oymyakon, mengunjungi pemandangan perbukitan es dan tentunya bisa sambil bermain salju. (jul)

Baca Juga:

Indonesia Jadi Negara Terindah di Dunia, Sandiaga Uno: Liburan Enggak Perlu ke Luar Negeri

#Wisata Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan