Idul Adha

Olah Daging Kurban Jadi Stok Lauk, ini Ide Sajian yang Bisa Dibuat

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 11 Agustus 2019
Olah Daging Kurban Jadi Stok Lauk, ini Ide Sajian yang Bisa Dibuat
Daging kurban bisa dibuat stok lauk untuk beberapa waktu. (foto: pixabay/RitaE)

SAAT daging sapi ataupun kambing tersedia dalam jumlah banyak di Hari Raya Idul Adha, rasanya sayang jika enggak langsung diolah. Namun, jika diolah semua, belum tentu seluruh sajian habis dalam sekali makan. Bisa saja sih disimpan mentah, tapi pasti enggak siap makan saat dibutuhkan kan?

Nah, itulah mengapa kamu harus cerdas menyiasatinya dengan mengolah daging kurban menjadi lauk yang bisa disimpan lama. Berikut ide stok lauk olahan daging yang bisa kamu bikin.

BACA JUGA: Lezat dan Bikin Meleleh, 8 Hidangan Khas Idul Adha dari Berbagai Negara

1. Dendeng

dendeng
Dendeng pas untuk kamu yang suka masakan digoreng. (foto: selerasa)

Apakah kamu penyuka gorengan? Jika iya, olahan dendeng pilihan paling pas. Dendeng adalah daging yang diiris tipis, diberi bumbu, lalu digoreng hingga matang sesuai keinginan.

Kamu bisa membuat dendeng kering sebagai stok makanan. Caranya mudah. Empukkan daging dengan direbus atau digepuk, lalu marinasi daging dengan bumbu hingga meresap sempurna. Keringkan daging dengan dijemur matahari atau dipanggang dalam oven.

Daging dendeng kering bisa kamu simpan dalam wadah kedap udara (toples) dan letakkan dalam suhu ruang. Stok itu bisa tahan hingga 1-2 minggu.

2. Serundeng Daging

daging serundeng
Daging serundeng. (foto: youtube)

Enggak beda jauh dengan dendeng, serundeng daging juga disajikan kering. Namun, serundeng daging memang lebih unggul soal rasa karena tambahan serundeng atau parutan kelapa yang digoreng kering.

Untuk membuatnya, iris tipis, potong kotak, atau suwir daging sapi yang sudah direbus. Setelah itu, tumis bersama racikan bumbu dan parutan kelapa hingga kering. Simpan serundeng daging dalam plastik sebanyak porsi sekali makan, lalu taruh dalam freezer agar lebih awet.

BACA JUGA: 5 Sajian Alternatif yang Bisa Dibuat dari Daging Kurban

3. Bakso Daging

Bakso buatan rumah lebih enak dan sehat. (foto: pixabay/chrishumphrey)

Di hari dingin atau di malam hari, siapa pun tak akan menolak semangkuk bakso hangat. Karena ada banyak daging sapi, kenapa enggak kamu bikin bakso buatan rumah? Tentunya bakso buatan rumah lebih sehat dan bisa kamu simpan pula.

Cukup mudah membuat bakso buatan rumah. Giling daging sapi hingga cukup halus bersama bahan dan bumbu tambahan. Bulat-bulatkan daging dan rebus hingga teksturnya cukup padat. Setelah itu, tiriskan bakso buatanmu dan masukkan ke wadah kedap udara. Bakso daging frozen ala rumahan bisa awet hingga 2 bulan.

4. Galantin atau Rolade

rolade
Rolade. (foto: resepkoki)

Galantin atau rolade adalah olahan daging yang digulung memanjang dan dikukus hingga matang. Olahan daging ini bisa disajikan dengan cara digoreng ataupun dicampurkan dalam sup. Umunya, rolade dengan lapisan telur di luarnya disajikan dengan cara digoreng. Sementara itu, galantin seringnya dimasak dalam sup segar.

Meskipun cara penyajiannya berbeda, cara masak rolade dan galantin hampir sama. Campur daging sapi giling dan aneka bumbu dalam satu wadah. Cek rasa dan cetak membentuk gulungan panjang (seperti guling), lalu kukus hingga matang. Simpan galantin dan rolade dalam bentuk utuh di freezer dan nikmati sebelum sebulan.

5. Rendang

rendang
Rendang kering bisa disimpan lama. (foto: youtube)

Hidangan apa yang wajib di hari Lebaran? Pasti rendang jawabnya. Sajian berempah lezat ini terkenal cukup tahan lama dan pas dijadikan stok lauk.

Ungkep daging yang sudah dipotong-potong dalam bumbu bercampur santan hingga habis cairannya, kering, dan mengeluarkan minyak. Lamanya memasak daging juga memengaruhi ketahanan rendang. Jika dimasak seharian, rendang bisa tahan dalam wadah kedap udara atau toples di suhu ruang, sedangkan rendang yang dimasak 2-3 jam tetap harus masuk ke freezer, ya.

Bahkan, rendang akan makin enak setelah dipanaskan berulang-ulang.

Nah, cukup mudah kan memanfaatkan daging berlebih untuk stok lauk di kemudian hari. Mana yang jadi favortimu?(*)

BACA JUGA: Nikmat Sedap Sajian Khas Idul Adha di Nusantara

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan