NASA Siapkan Hadiah Menarik Untuk Orang yang Bisa Buat Toilet di Bulan NASA akan berikan hadiah fantastis untuk yang bisa membuat desain toilet untuk di Bulan (Foto: Pixabay/WikiImages)

PENGUMUMAN menarik untuk kamu yang piawai dalam membuat desain. Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) menyiapkan total hadiah senilai USD35 ribu atau sekitar Rp500 juta untuk kamu yang bisa mendesain toilet yang bisa digunakan di Bulan.

Seperti yang dilansir dari laman CNN, NASA telah mencanangkan tujuan ambisius untuk kembali mengirim astronot ke Bulan pada tahun 2024. Karena itu, kru yang akan menjelajahi Bulan itu memerlukan toilet selama misi berlangsung.

Baca Juga:

8 Perusahaan AS akan Produksi Ventilator Milik NASA Untuk Pasien COVID-19

astronot
NASA mengajukan beberapa syarat untuk desain toilet (Foto: Pixabay/wikiImages)

Kemungkinan besar NASA akan mengadaptasi toilet yang mirip untuk pendaratan bulan Artemis. Toilet tersebut perlu bekerja dengan baik dalam gaya berat mikro ruang atau nol-g.

Bulan yang gravitasinya sekitar 1/6 dari yang kita rasakan di Bumi, berdasarkan dengan pedoman desain yang diunggah oleh NASA dan HeroX, memungkinkan siapapun untuk memecahkan masalah tersebut.

Misi tersebut nantinya akan memberangkatkan astronot perempuan pertama yang akan mendarat di bulan. Karena itu, toilet yang dibuat harus nyaman digunakan baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Perlu diingat, desain toilet pun harus hemat air dan bisa menjaga lingkungan bersih serta bebas dari bau.

"Bonus akan diberikan untuk desain yang dapat menangkap muntah tanpa mengharuskan astronot meletakkan kepalanya di pinggir toilet," tulis NASA pada pedoman lomba desain toilet tersebut.

Baca juga:

Perbarui OS Ponsel Android Agar Terhindar dari Ancaman Baru yang Berbahaya

NASA akan memberikan imbalan untuk tiga orang pemenang (Foto: NASA)

Untuk peryaratan lainnya, toilet yang dibuat harus bisa mendukung dua orang astronot selama 14 hari, serta memungkinkan untuk transfer limbah yang dikumpulkan pada penyimpanan atau untuk pembuangan di luar kendaraan.

Selain itu, toilet juga harus gampang dibersihkan dan hanya perlu daya kurang dari 70 watt. Lalu desainnya harus mempertimbangkan kondisi luar angkasa. Bobot toilet harus kurang dari 15 kilogram dari berat di Bumi, serta volumenya kurang dari 0,12 meter kubik.

Syarat tersebut mungkin terlihat rumit, tetapi NASA berjanji akan memberikan hadiah yang layak untuk desain toilet terpilih. Nantinya akan ada tiga pemenang yang akan dipilih oleh NASA.

Hadiah untuk pemenang desain pertama yakni USD20 ribu (Rp285 juta), untuk pemenang kedua USD10 ribu (Rp142 juta) dan pemenang ketiga USD5 ribu (Rp71 juta). Deadline untuk menyerahkan desain toilet paling lambat 17 Agustus 2020 dan pemenangnya akan diumumkan pada Oktober 2020. (Ryn)

Baca juga:

Ribuan Akun WhatsApp Diretas Perusahaan Asal Israel?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH