Teknologi
NASA Segera Kirim Roket Mega Moon ke Bulan NASA jalankan kembali misi ke Bulan. (foto: walpapperplay)

MISI menuju bulan Artemis I sudah semakin dekat. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) tinggal menentukan tanggal peluncuran untuk membawa roketnya ke Bulan.

Untuk saat ini, pesawat ruang angkasa dan roketnya bersiap dibawa ke landasan peluncuran di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida. Persiapan peluncuran dilakukan pada 17 Maret 2022 waktu setempat

Baca Juga:

NASA Garap Taksi Terbang Berbasis Tenaga Listrik

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) selangkah lagi akan menentukan tanggal peluncuran resmi untuk membawa roketnya ke Bulan (Foto: Nasa)

Wahana yang digunakan adalah pesawat ruang angkasa Orion yang menggunakan roket Space Launch System (SLS) atau yang dikenal juga dengan Mega Moon untuk melawan gavitasi Bumi. Wahana ini berjalan sejauh 6,4 kilometer dari Vehicle Assembly Building (VAB) Kennedy ke Launch Pad 39B.

"Pemindahan dimulai pada pukul 17.00 waktu setempat, akan memakan waktu sekitar 11 jam untuk mencapai tujuan, dibawa oleh Crawler-transporter 2," jelas Director of Exploration Ground Systems Program NASA, Charlie Blackweel Thompson seperti yang dikutip dari laman Live Science.

Kemudian, setelah pesawat ruang angkasa dan roket diposisikan pada landasan peluncuran. Para engineer membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk mempersiapkan wet dress rehearsal. Dinamakan begitu, karena tes tersebut menunjukan bahwa roket bisa dimuat dengan propelan cair super dingin.

Thompson menjelaskan, Call to Stations untuk gladi resik wet dress rehearsal kemungkinan dilakukan pada 1 April, dan operasi tanking diprediksi akan mulai pada 3 April mendatang.

Para teknisi dan tim engineer juga akan berlatih hitungan mundur peluncuran, guna menguji respons roket pada skenario penghentian penerbangan, sebelum menguras tangki bahan bakar, menyelesaikan latihan, dan mempersiapkan roket kembali ke VAB, yang memakan waktu 8-9 hari lagi.

Pesawat ruang angkasa Orion milik NASA, kabarnya bisa menampung hingga empat orang. Namun rencanya tidak ada awak di dalamnya pada misi Artemis I akhir tahun ini.

Namun, pada misi Artemis di masa depan, Orion akan membawa astronaut ke luar angkasa. Kemudian melakukan misi di Bulan, dan menjaga kru tetap aman ketika masuk dan kembali dari luar angkasa.

Baca Juga:

NASA Umumkan Ada Lebih dari 2.000 Calon Planet Layak Huni

NASA nantinya akan membawa kru terbang ke Bulan pada misi Artemis II (Foto: Pixabay/peterdargatz)

Kemudian roket SLS merupakan roket paling kuat yang pernah dibuat oleh NASA. Roket itu mampu menghasilkan daya dorong lebih 15 persen lebih kuat selama lepas landas dan pendakian dibanding roket Saturn V. Roket SLS mampu membawa beban lebih dari 27 ton ke Bulan.

Jika semua tes sudah dilakukan dengan baik maka NASA baru akan menetapkan tanggal peluncuran resmi untuk Artemis I. Saat ini, Artemis I sudah terdaftar sebagai wahana yang akan meluncur tidak lebih awal dari Mei 2022.

Sedikit informasi, Artemis I merupakan misi tanpa awak yang akan terbang ribuan mil di orbit Bulan, kemudian kembali ke Bumi setelah sekitar tiga minggu.

Kemudian, bagian selanjutnya dari misi yakni Artemis II, akan membawa kru terbang ke Bulan. Setelah itu, pada tahap akhir program yakni Artemis III, akan membawa manusia ke permukaan Bulan untuk pertama kalinya sejak Apolo 17 yang mendarat di bulan pada tahun 1972. .

Untuk kedepannya, dengan Artemis III, NASA akan mendaratkan perempuan pertama dan orang non kulit-putih pertama di bulan. Tonggak sejarah itu pun akan meletakan dasar penting untuk membangun kehadiran manusia jangka panjang di bulan.

Selain itu, langkah tersebut akan memainkan peran penting dalam tujuan perjalanan ruang angkasa yang lebih ambisius, yaitu mengirim manusia pertama ke Mars. (Ryn)

Baca Juga:

NASA Siapkan Hadiah Menarik Untuk Orang yang Bisa Buat Toilet di Bulan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rumah Berhantu dari Film 'The Conjuring' Dijual, Minat?
Fun
Rumah Berhantu dari Film 'The Conjuring' Dijual, Minat?

Ed dan Lorraine Warren mengklaim bahwa rumah pertanian ini dihantui seorang penyihir bernama Bathsheba Sherman.

Sutradara Kate Herron Absen di Musim Kedua ‘Loki’
ShowBiz
Menyelami 150 Jenis Autoimun
Fun
Menyelami 150 Jenis Autoimun

Pengidap penyakit autoimun mengalami peningkatan signifikan beberapa waktu belakangan ini. Ada kasus baru penyakit autoimun

Drakor ‘Police University’ tamat, Pemain Ucapkan Perpisahan
ShowBiz
Drakor ‘Police University’ tamat, Pemain Ucapkan Perpisahan

Serial yang dibintangi aktor Cha Tae-hyun, Jung Jin-young, dan Jung Soo-jung atau Krystal, telah mengakhiri 16 episode dramanya.

Jangan Anggap Sepele, Pelumas Sangat Memengaruhi Performa Kendaraan
Fun
Jangan Anggap Sepele, Pelumas Sangat Memengaruhi Performa Kendaraan

Pelumas kendaraan juga berfungsi melindugi kamu di perjalanan.

DANA akan Memperbarui Fitur Kirim Uang
Fun
DANA akan Memperbarui Fitur Kirim Uang

Beberapa pembaruan tersebut yakni biaya transfer yang lebih kompetitif.

Amankah Minum Air Keran di Jakarta?
Fun
Amankah Minum Air Keran di Jakarta?

Masih berkutat dengan masalah sistem sanitasi.

Tencent Akuisisi Inflexion Games
Fun
Tencent Akuisisi Inflexion Games

Tencent termasuk salah satu developer yang memiliki growth rate tinggi untuk industri gaming.

Enggak Melulu Joget-Joget, Simak Tips Unjuk Gigi Biar FYP di TikTok
Hiburan & Gaya Hidup
Enggak Melulu Joget-Joget, Simak Tips Unjuk Gigi Biar FYP di TikTok

Sebagian orang ingin vidoenya FYP di TikTok.

Jangan Diam, Berani Hadapi Pacar Manipulatif
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Diam, Berani Hadapi Pacar Manipulatif

Berupaya untuk mendapatkan kendali atas seseorang dengan cara menipu atau memosisikan diri sebagai korban dan tak bersalah.