Nama di KTP dan Tiket Pesawat Berbeda? Ini Langkah yang Harus Dilakukan Jangan panik, ini langkah yang harus diambil saat nama ktp dan nama di tiket pesawat berbeda (Foto: pixabay/jeshoots-com)

KINI diseluruh bandara yang ada di Indonesia, sudah memberlakukan peraturan yang sangat ketat bagi para penumpang yang ingin melakukan penerbangan, dengan masakapai apapun.

Salah satu peraturannya ialah melakukan pemeriksaan KTP penumpang, yang disesuaikan dengan tiket pesawat penumpang itu sendiri. Umumnya pemeriksaan ini dilakukan ketika proses check in.

Baca Juga:

Jangan Panik Saat Paspor Hilang, Ini Panduan Mudah Pengurusannya

Lantas bagaimana jika nama KTP kamu tak sesuai dengan nama yang ada di tiket? Memang menjadi suatu keharusan penumpang untuk menyesuaikan antara nama pada tiket pesawat dan nama yang ada di KTP. Karena hal itu berkaitan dengan nasib penumpang pada saat ingin melakukan penerbangan.

Jika terjadi suatu kekeliruan pada nama di tiket pesawat yang sesuai KTP, kamu jangan panik dan tetap tenang. Seperti yang dilansir dari laman airpaz, ada beberapa langkah mudah jika hal itu terjadi.

Jangan panik saat nama di ktp berbeda dengan tiket (Foto: mentalfloss)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah, menjelaskan kekeliruan nama yang terjadi pada saat melakukan proses check in. Dimana pada dasarnya nama yang salah tak dapat dilakukan sebuah perubahan atau penggantian nama baru.

Tapi apabila terjadi kekeliruan nama yang terbilang tak begitu parah, maka biasanya akan ada toleransi yang diberikan. Misalnya kesalahan satu huruf dari nama yang tertulis di tiket. Jelaskanlah dengan baik pada pihak bandara ketika check in, dan berharap hal itu bisa dimaklumi.

Langkah selanjutnya ialah menghubungi pihak agen tiket pesawat. Saat kamu menyadari kekeliruan pada nama di tiketmu, sebaiknya menghubungi kembali pihak agen. Karena biasanya pihak agen akan memberikanmu solusi bijak untuk mengatasi permasalahan itu. Dengan begitu, kamu tak akan mengalami hambatan para proses check in di bandara nantinya.

Sementara itu apakah ketidaksamaan nama akan memberikan kerugian bagi penumpang? Jawabannya adalah iya. Salah satu kerugian yang akan dihadapi ketika nama tak sama yakni tak bisa melakukan proses check in.

Banyak kerugian yang kamu dapat jika nama kamu berbeda antara KTP dan tiket pesawat (Foto: pixabay/danilobueno)

Meski beberapa kasus kesalahan nama yang terjadi tetap bisa check in, hal itu dikarenakan kesalahan yang tak fatal. Lain halnya jika nama benar-benar berbeda 180 derajat. Maka bisa dipastikan kamu tak akan bisa melakukan check in.

Kerugian kedua jika ada kesalahan nama pada Tiket yang tak sesuai dengan KTP, penumpang juga tak bisa melakukan klaim asuran pada pihak maskapai. Misalnya ketika terjadi kecelakaan pada pesawat yang ditumpangi. Maka pihak pesawat yang namanya tak seusai antar KTP dan tiket, tak akan mendapat klaim asuransi sebagai bentuk ganti rugi.

Kerugian lainnya, yaitu penumpang (jika bisa check in) tak akan mendapat kompensasi. Contohnya ketika terjadi delay pada penerbangan, otomatis kamu tak mendapat kompensasi dalam bentuk apapun. Hal itu lantaran nama kamu tak terdaftar pada data manifest penumpang.

Melihat beberapa kerugian itu, penting bagi kamu untuk benar-benar memperhatikan nama saat melakukan pemesanan tiket pesawat. (ryn)

Baca Juga:

Deretan Fashion Item Mewah Syahrini Saat Traveling, Nomor 4 Harganya Bikin Jantungan!

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH