kemanusiaan
Musisi Indonesia Galang Dana untuk Korban Bencana di NTT Ananda Sukarlan dan sejumlah musisi galang dana untuk NTT (Sumber: Instagram/@anandasukarlan)

BADAI Siklon Tropis Seroja menghantam area Nusa Tenggara Timur di awal April 2021. Badai yang disertai banjir bandang ini dengan sangat hebat menghancurkan berbagai bangunan, fasilitas umum, dan terutama rumah-rumah warga di 15 Kabupaten dan Kota di Nusa Tenggara Timur.

Lebih dari 54 ribu keluarga terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggal meski sudah 3 bulan badai berlalu, kehancuran dan penderitaan masih dirasakan sampai sekarang. Faktanya, keluarga-keluarga penyintas bencana di NTT masih harus berjuang hidup di gubuk-gubuk, tenda-tenda, maupun tempat kerabat dengan fasilitas yang sangat terbatas.

Baca juga:

Pesan Moral dari Kuburan Band di Sinle 'Jauhi Narkoba Utamakan Keluarga'

Pemulihan pasca bencana membutuhkan waktu yang panjang dan butuh dukungan dari semua pihak. Habitat for Humanity Indonesia ingin membantu keluarga-keluarga di NTT agar cepat pulih dari bencana dengan membangun hunian layak.

Berkolaborasi dengan Ananda Sukarlan dan beberapa musisi muda asal NTT, Habitat Indonesia menggelar Konser Amal bertajuk “NTT adalah Kita” yang bertujuan untuk menggerakkan lebih banyak orang turut mengambil bagian untuk mendukung pembangunan kembali NTT. Konser akan tayang perdana tanggal 6 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB di Vidio.com.

konser
Para musisi galang dana untuk NTT (Foto: Istimewa)

Sementara bagi masyarakat yang belum sempat menyaksikan konser dapat kembali menyaksikannya melalui loket.com pada tanggal 7-15 Agustus 2021. Seluruh dana yang terkumpul dari konser ini akan digunakan untuk membangun rumah layak bagi keluarga penyintas bencana di Kelurahan Oeasao dan Kelurahan Naibonat, Kabupaten Kupang, NTT.

“Kami sangat mengapresiasi semangat Habitat for Humanity Indonesia bersama para mitra untuk membangun kembali rumah keluarga-keluarga yang rusak bahkan hilang akibat badai siklon tropis seroja beberapa bulan lalu. Rumah yang layak sangat penting karena menjadi tempat setiap keluarga dapat berteduh, berlindung, dan membangun hubungan sosial mereka," jelas Krispianus Patmawan, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kupang.

Baca juga:

Tips Ampuh Gaet Investor Bagi Startup Pemula

"Itulah sebabnya atas nama Kabupaten Kupang, kami terus berupaya bersama pemerintah provinsi dan pemerintah pusat termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat seperti Habitat Indonesia agar bersama membangun hunian yang layak bagi para penyintas bencana di Kabupaten Kupang agar mereka mampu bangkit kembali. Mari masyarakat Indonesia bersama menyatakan kepedulian membangun bangsa yang kuat dan tangguh dimulai dari mendukung keluarga terutama mereka yang terdampak bencana di NTT,” lanjutnya.

“Seniman itu sangat dekat dengan masyarakat baik suka maupun duka. Kami berharap melalui musik dan karya dalam konser ini, kami bisa membantu saudara-saudara kami di NTT dengan mengajak kita semua berkontribusi membangun rumah layak bagi mereka," kata Ananda Sukarlan.

musisi
Konser untuk NTT (Foto: Istimewa)

“Melihat kondisi keluarga-keluarga penyintas bencana di NTT yang sempat terlupakan dan belum membaik, saya merasa sedih apalagi teman-teman di sana sering menghubungi saya untuk meminta bantuan. Sejalan dengan kecintaan saya terhadap instrumen musik NTT, konser ini adalah sesuatu yang tepat untuk saya ikuti. Saya berharap semoga melalui konser amal ini, banyak dana yang terkumpul dari tangan-tangan orang baik sehingga banyak keluarga-keluarga penyintas bencana memperoleh hunian yang layak. Mari kita dukung NTT agar dapat bangkit kembali, karena NTT adalah Kita," tambah Ganzer Lana.

musisi
Para musisi kerjasama untuk NTT (Sumber: Istimewa)

Semua dana yang terkumpul dalam konser ini akan disalurkan melalui Habitat Indonesia untuk penyediaan rumah layak bagi keluarga penyintas bencana di NTT.

Donasi untuk NTT diselenggarakan sejak Juni lalu dan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan pembayaran nontunai. Oleh karena itu, Habitat bekerja sama dengan DANA sebagai mitra pembayaran digital guna membuka kesempatan lebih luas bagi siapapun untuk berdonasi.

Kesempatan masyarakat untuk mengulurkan bantuannya dengan cara berdonasi daring masih terbuka lebar melalui dompet digital DANA. Caranya, pengguna dapat membuka aplikasi DANA dan menuju bagian Charity untuk kemudian mengakses DANA Donasi. Pengguna dapat mencari informasi berupa banner NTT Bangkit dan melakukan donasi sesuai nominal yang diinginkan.

Harapan serupa untuk membangkitkan kembali NTT ini juga disambut hangat oleh Kitabisa.com selaku mitra DANA sekaligus wadah penggalangan donasi ini. “Inisiatif Habitat for Humanity dan DANA selaras dengan misi kami dalam memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan semangat kebaikan. Semoga sinergi banyak pihak dalam donasi NTT Bangkit dapat menghasilkan dampak positif bagi masyarakat,” ujar Marisa Thara Wardhani, Head of Brand Partnership Kitabisa.com.

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara berdonasi dapat disimak melalui tautan http://kitabisa.com/bangunkembalintt. Selain itu, masyarakat juga bisa memberi dukungan dengan cara lain dengan bergabung di acara Konser Amal “NTT adalah Kita” secara virtual yang dapat ditelusuri pada media sosial habitat di @habitat_id maupun website Habitat di habitatindonesia.org dan menyatakan kepeduliannya dengan berdonasi melalui saluran donasi yang akan disediakan pada gelar acara tersebut. (Avia)

Baca juga:

Cari Kerja atau Perkenalkan Bisnismu di Pasar SAKTI Virtual oleh Linknet

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jamur Ajaib Empat Kali Lebih Efektif Mengobati Depresi
Fun
Inspirasi Style Keluarga Shelby. Sejarah dan Tutorial Gaya Rambut ala 'Peaky Blinders'
Fun
Inspirasi Style Keluarga Shelby. Sejarah dan Tutorial Gaya Rambut ala 'Peaky Blinders'

Gaya rambutnya identik dengan botak pada bagian samping dan belakang

Catat nih, Hal yang Boleh dan Jangan Dilakukan di Tahun Kerbau Metal
Hiburan & Gaya Hidup
Catat nih, Hal yang Boleh dan Jangan Dilakukan di Tahun Kerbau Metal

Ini merupakan tahun pertama sapi logam sejak tahun 1961.

Persiapan Anak SMA Bolos ke Rental PS, Siapa yang Pernah?
Fun
Persiapan Anak SMA Bolos ke Rental PS, Siapa yang Pernah?

Boleh dilakukan, tapi sekali saja ya.

Tas Botol Minum Jadi Tren Fashion Baru untuk 2021
Fashion
Tas Botol Minum Jadi Tren Fashion Baru untuk 2021

Tas botol minum kini jadi fashion item yang dikembangkan rumah mode ternama dunia.

Biar Waras, Masak Aja!
Hiburan & Gaya Hidup
Biar Waras, Masak Aja!

Kesehatan jiwa haruslah dicapai dengan menjalani hal-hal yang membuat kamu bahagia.

Made With Love, Koleksi Bertema Valentine dari Converse
Fashion
Made With Love, Koleksi Bertema Valentine dari Converse

Koleksi Made With Love Menghadirkan 6 model sepatu

Hyundai Bantu Apple Produksi Mobil?
Fun
Hyundai Bantu Apple Produksi Mobil?

Akan ada mobil buatan Apple.

Idola K-Pop dengan Nama Panggung Terbaik
ShowBiz
Idola K-Pop dengan Nama Panggung Terbaik

Beberapa idola K-Pop ini mendapatkan nama panggung yang pas dan cocok untuknya.

Apa yang Ada di Dalam Kotak realme C25 dan realme C21?
Fun
Apa yang Ada di Dalam Kotak realme C25 dan realme C21?

realme juga akan meluncurkan realme C21 pada 23 Maret 2021.