Mudik Lewat Jalur Pantai Selatan? Tempat Wisata yang Dapat Kamu Kunjungi Kawah Putih tujuan wisata di jalur selatan. (Foto: Pixabay/abietams)

ADA dua jalur yang biasa dilewati para pemudik yakni Pantai Utara atau lebih dikenal dengan Pantura dan Pantai Selatan. Dua jalur itu punya kelebihan masing-masing, terutama bicara soal destinasi wisatanya.

Jika sebelumnya sudah dibahas wisata yang bisa kamu kunjungi di jalur Pantura, kali ini merahputih.com akan memilih beberapa wisata yang ada di jalur Pantai Selatan. Apa saja itu?

Kawah Putih, Bandung

Kawah Putih (Instagram/bagushiday)
Kawah Putih (Foto: Instagram @bagushiday)

Bandung punya wisata yang bisa kamu kunjungi saat mudik lewat jalur Pantai Selatan. Misalnya Kawah Putih yang merupakan wisata paling difavoritkan di Kota Bandung. Kawah Putih sendiri berada di Cidiwey atau 50 km dari Kota Bandung. Kamu bisa keluar tol Kopo menuju Soreang.

Kawah Putih bisa membuat ketegangan selama perjalanan mudik terobati. Di sana kamu bisa menikmati kawah dengan warna putih kehijauan. Warna air juga bisa berubah sesuai kadar belerang, suhu dan cuaca saat itu.

Pantai Pangandaran, Pangandaran

Pantai Pangandaran (Instagram/info_wisata_pantai_pangandaran)
Pantai Pangandaran (Foto: Instagram @info_wisata_pantai_pangandaran)

Kabupaten Pangandaran juga dilewati ketika kamu memilih Jalur Pantai Selatan. Nah di sana kamu bisa mampir ke Pantai Pangandaran yang sudah terkenal dan salah satu wisata populer di Jawa Barat.

Di pantai ini kamu bisa beristirahat sejenak dengan bermain air atau pasir di pantai. Pepohonan yang rindang membuat pantai ini tak terlalu panas.

Baturaden, Purwokerto

Baturaden (Instagram/suju0492)
Baturaden (Foto: Instagram @suju0492)

Baturaden berada di sebelah utara Kota Purwokerto. Jika kamu mudik dan melewati Purwokerto amat disayangkan kalau tak mampir ke tempat tersebut. Pasalnya, Baturaden memiliki keindahan yang luar biasa.

Baturaden sendiri merupakan latar utama legenda Lutung Kasarung. Ada panyak tempat yang bisa kamu kunjungi di sana seperti Pancuran Pitu, Telaga Sunyi, Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturaden atau Teater Alam Baturaden.

Pantai Pasir Kadilangu, Kulon Progo

Pantai Pasir Kadilangu (Instagram/tri.yanto01_)
Pantai Pasir Kadilangu (Foto: Instagram @tri.yanto01_)

Meskipun bernama pantai pasir, kamu tak akan bisa bermain pasir seperti di pantai-pantai pada umumnya. Karena yang bisa kamu lihat di tempat ini adalah hamparan hutan mangrove.

Di Pasir Kadilangu juga terdapat jembatan bambu yang cukup unik. Kamu bisa menjadikan tempat tersebut spot cantik untuk berfoto sebelum melanjutkan perjalanan. Jarak ke Pantai Psir Kadilangu cukup dekat hanya sekitar 1,5 jam dari Kota Yogyakarta.

Goa Gong, Pacitan

goa gong pacitan
Goa Gong Pacitan. (Foto: nativeindonesia)

Melewati Pacitan, kamu bisa mampir ke beberapa tempat, salah satunya Goa Gong. Kenapa goa ini direkomendasikan? Karena goa yang menjadi ikon Pacitan ini telah dinobatkan sebagai goa terindah se-Asia Tenggara.

Bebatuan stalaktit dan stalagmit menghiasi goa ini. Kamu bisa menelusuri sambil mengagumi keindahan Goa Gong dengan pencahayaan yang tepat dari pihak pengelola.

Sahabat Merah Putih itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika muding melwati Jalur Pantai Selatan. (yani)

Jika kamu melewati Jalur Pantura bisa membaca artikel Mudik Lewat Jalur Utara? Ini Destinasi Wisata di Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH