Mudik Lewat Jalur Utara? Ini Destinasi Wisata di Pantura yang Bisa Kamu Kunjungi Lawang Sewu (Foto: Instagram @lw_angel)

MUSIM mudik akan segera di mulai. Nah, biasanya para pemudik memilih melewati jalur Pantai Utara atau lebih dikenal dengan sebutan Pantura. Jalur ini sangatlah panjang dan melewati kota-kota besar yang ada di Pulau Jawa.

Jika kamu mudik dan melewati jalur ini mungkin bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata. Karena disepanjang jalur ini ada banyak sekali tempat-tempat yang menawarkan keindahan. Dengan begitu perjalanan mudik kamu tidak menjenuhkan.

Kali ini merahputih.com akan memilih destinasi yang layak kamu kunjungi ketika mudik melewati jalur Pantura. Dimana saja itu?

Kampung Batik Trusmi, Cirebon

gerbang batik trusmi
Kampung batik Trusmi Cirebon. (Foto: Kota Cirebon)

Cirebon menjadi salah satu kota yang menjadi jalur Pantura. Di kota ini kamu bisa berkunjung ke beberapa destinasi wasata, salah satunya adalah Kampung Batik Trusmi. Kampung batik ini cukup ikonik bagi kota Cirebon.

Lokasi Kampung Batik Trusmi tak jauh dari jalur Pantura. Kamu hanya keluar tol Kanci menuju perempatan Plered. Dari sana kamu tinggal belok kiri hingga nampak toko-toko yang menjual batik. Toko tersebut sebagai tanda kamu sudah masuk ke Kampung Batik Trusmi.

Pantai Alam Indah, Tegal

pantai alam indah tegal
Pantai Alam Indah Tegal. (Foto: sangnanang)

Tak jauh dari Cirebon kamu akan melewati Tegal. Di sini kamu bisa berkunjung ke Pantai Alam Indah. Seperti pantai-pantai pada umumnya, kamu bisa bermain air atau pasir sambil mengendorkan otot-otot yang tegang selama perjalanan.

Menariknya lagi, kamu tak perlu keluar jalur Pantura untuk menghampiri pantai ini. Karena Pantai Alam Indah tepat berada di pinggir jalur Pantura. Kamu hanya tinggal menepikan kendaraan kamu di sana.

Batang Dolphin Center, Batang

Batang Dolphin Center (Instagram/cintiaretno)
Batang Dolphin Center (Foto: Instagram @cintiaretno)

Sebelum menuju Kendal dan Semarang kamu akan melalui kota Batang. Nah di kota ini kamu bisa mampir ke Batang Dolphin Center. Kamu hanya mengarahkan kendaraan menuju Alun-alun Batang. Karena lokasi Batang Dolphin Center persis di sebelah alun-alun.

Di Batang Dolphin Center kamu bisa membuat si kecil bahagia setelah rewel selama perjalanan. Di sana banyak atraksi lucu dari hewan lumba-lumba. Harga tiketnya pun cukup murah tak sampai Rp 50 ribu untuk satu orang.

Museum Batik, Pekalongan

museum batik pekalongan
Museum Batik Pekalongan. (Foto: cintapekalongan)

Jika kamu tak sempat berbelanja batik di Cirebon, kamu bisa membelinya di Pekalongan. Di kota ini ada banyak batik yang dapat kamu beli. Harganya? tentu saja sangat murah. Setelah berbelanja batik alangkah baiknya mampir ke museumnya.

Di museum ini kamu bisa belajar tentang batik-batik Indonesia. Museum Batik menyimpan ratusan koleksi dari batik kuno hingga modern. Bagi yang ingin mencari suasana lain di Pekalongan juga terdapat Pantai Pasir Kencana.

Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu (Instagram/uwanurwan)
Lawang Sewu (Foto: Instagram @uwanurwan)

Jika ingin menghindari jalur tol kamu bisa melewati jalur dalam Kota Semarang. Nah, saat melaluinya jangan lupa mampir ke Lawang Sewu yang letaknya berada di Simpang Lima.

Di tempat ini selain bisa meregangkan ketegangan kamu juga bisa belajar sejarah. Pasalnya Lawang Sewu adalah bangunan kuno yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Saat ini Lawang Sewu juga menjadi ikon di kota Semarang.

Sahabat Merah Putih, itulah beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi saat melewati Jalur Pantura hingga Semarang. Dengan mampir ke tempat-tempat wisata mudik kamu akan lebih berwarna. (yani)

Selain artikel ini kamu bisa baca artikel tentang Siapkan Bekal Mudik dengan Cara Praktis Ini

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH