Momen Penting Penobatan Raja Charles III

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Minggu, 07 Mei 2023
Momen Penting Penobatan Raja Charles III
Raja Charles III dan istrinya Camilla mengikuti prosesi yang sudah dilakukan turun temurun selama lebih dari 1000 tahun sepanjang sejarah Kerajaan Inggris. (Foto: Instagram/@theroyalfamily)

RAJA Charles III secara resmi naik takhta sebagai pemimpin Kerajaan Inggris pada Sabtu (6/5), di Westminster Abbey melalui upacara Penobatan. Ia otomatis naik tahkta menjadi Raja setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada 8 September 2022 lalu.

Raja Charles III dan istrinya Camilla mengikuti prosesi turun-temurun selama lebih dari 1000 tahun sepanjang sejarah Kerajaan Inggris. Terdapat beberapa momen-momen penting saat penobatan Rwja Charles III. Melansir dari CNN, kami merangkumnya untuk kamu. Yuk simak!

1. Acara Penobatan

Charles ditampilkan untuk bagian paling dramatis dari kebaktian di Westminster Abbey London pada hari Sabtu.

Di belakang layar tiga sisi, Dekan Westminster menuangkan minyak suci dari Ampulla, sebuah labu emas berbentuk elang, ke Sendok Penobatan, dan kemudian Uskup Agung Canterbury mengurapi Charles di kepala, dada, dan tangannya, menurut liturgi Gereja Inggris.

Sendok perak-emas abad ke-12 adalah benda tertua yang digunakan dalam penobatan. Di latar belakang, Paduan Suara Biara Westminster menyanyikan lagu antemik "Zadok the Priest" oleh George Frideric Handel, yang disusun untuk penobatan Raja George II pada tahun 1727 dan dilakukan di setiap penobatan Inggris sejak itu.

Begitu dia muncul kembali, Uskup Agung Canterbury Justin Welby menempatkan Mahkota St. Edward di atas kepala Charles III. Itu adalah satu-satunya saat Charles akan mengenakan Mahkota St. Edward, yang disediakan untuk penobatan raja baru; mahkota dibuat untuk senama Charles yang bernasib buruk, Charles II, pada tahun 1661.

Setelah memahkotai Charles, Welby berteriak: "God Save the King." Mereka yang hadir mengulangi kata-kata itu. Segera setelah itu, Camilla juga dinobatkan.

Baca juga:

Suara dari Afrika Selatan di Penobatan Raja Charles III

penobatan raja charles iii
Uskup Agung Canterbury Justin Welby menempatkan Mahkota St. Edward di atas kepala Raja Charles III. (Foto: Instagram/@theroyalfamily)

2. Perayaan Musik

Musik menopang seluruh perayaan, sesuai dengan sejarah. Setiap tahap ditandai dengan karya paduan suara yang megah, motet halus, komposisi organ yang luar biasa, atau melodi yang menggugah, semuanya dibawakan oleh beberapa penyanyi dan musisi paling berprestasi di dunia.

Raja Charles dan Ratu Camilla memasuki biara dengan alunan "I was glad", lagu penobatan yang menggetarkan yang ditulis oleh Hubert Parry untuk penobatan Raja Edward VII pada tahun 1902 dan dinyanyikan di semua penobatan sejak saat itu.

Charles telah meminta Andrew Lloyd Webber - yang musiknya lebih akrab bagi penonton di West End daripada jemaat di Westminster Abbey - untuk menulis Lagu Kebangsaan, "Make a Joyful Noise," yang dimainkan setelah Camilla dinobatkan. Acara ini menampilkan penampilan pertama oleh paduan suara Injil di penobatan; berpakaian putih gemilang, Paduan Suara Ascension menampilkan 'Haleluya' tepat sebelum khotbah Uskup Agung.

Baca juga:

Bunga-Bunga Musim Semi di Penobatan Raja Charles III

atraksi angkatan udara
Raja Charles dan Ratu Camilla menyaksikan atraksi tradisional Angkatan Udara Kerajaan Red Arrows yang berwarna-warni. (Foto: Instagram/@theroyalfamily)

3. Perempuan Berjubah Biru

Ribuan orang memadati Westminster Abbey. Namun, hanya satu yang mengenakan jubah teal dan topi dengan detail emas. Dialah perempuan berbaju biru yang memegang pusaka Kerajaan saat Penobatan, Pedang Persembahan atau Pedang Permata. Siapa dia?

Penny Mordaunt adalah anggota parlemen Konservatif di Inggris Raya, dan sudah sejak 2010. Dia terlibat dalam upacara tersebut karena, sebagai Pemimpin House of Commons saat ini, dia juga adalah Tuan Presiden dari Dewan Penasihat, sebuah badan yang dibentuk oleh politisi senior yang bertindak sebagai penasihat resmi kerajaan.

4. Pangeran yang Menghilang

Ada spekulasi luas sebelum hari penobatan mengenai kehadiran Pangeran Harry di Penobatan ayahnya. Ternyata, Duke of Sussex menghadiri Penobatan. Dia duduk di baris ketiga.

Harry mengenakan morning suit dengan medali militernya, Harry tiba bersama pamannya, Pangeran Edward dan Pangeran Andrew, dan dua sepupunya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie.

Pangeran Harry hadir tanpa istrinya, Meghan, Duchess of Sussex, yang dilaporkan tinggal di AS bersama anak-anak mereka karena ulang tahun keempat Archie.

Penobatan itu menandai pertama kalinya sang pangeran secara terbuka bertemu dengan anggota keluarganya sejak perilisan memoarnya, Spare. Setelah itu berakhir, dia terlihat berbicara dan tersenyum dengan sepupunya di tengah hujan, sebelum dia mengendarai mobil sendiri.

5. Atraksi Angkatan Udara Kerajaan

Rencananya penerbangan tradisional Angkatan Udara Kerajaan akan tampil, tapi cuaca tak mendukung. Tampilannya berubah. Hanya terdiri dari helikopter dan Red Arrows yang berwarna-warni. Bukan Typhoon, Spitfires, Hurricanes, dan pembom Lancaster yang diharapkan.

Penonton tetap menikmati. Itu mengakhiri hari yang penting dan menarik bagi ribuan orang London. (dgs)

Baca juga:

Resmi, Raja Charles III Menjadi Raja Inggris

#Raja Charles Iii #Kerajaan Inggris
Bagikan
Bagikan